Pelaku Olahraga Ikut Sukseskan Pilkada Jawa Tengah

0
Logo IPSI. Grafis : Nofik Lukman Hakim

SOLO – Ribuan atlet pencak silat dari puluhan perguruan silat akan unjuk gigi di arena Solo Car Free Day, Minggu (6/5/2018) pagi. Ajang ini merupakan bagian dari kontribusi pelaku olahraga pada kesukesan Pilkada Jawa Tengah.

Sekretaris Pengkot IPSI Surakarta, Devi Rachyuanto, menjelaskan ada beberapa agenda yang dilakukan dalam aksi tersebut. Salah satunya long march yang diikuti 2000-an pesilat dari 20-an perguruan silat di Kota Bengawan. Mereka akan berjalan kaki mulai Stadion Sriwedari hingga Balaikota Surakarta.

“Ini menjadi tekad kami untuk ikut menjaga kondusivitas Kota Solo selama pelaksanaan Pilkada nanti. Kami ingin berkontribusi menjaga kenyamanan selama pemilihan nanti,” terang Devi, Kamis (3/5/2018).

Devi mengatakan, setibanya di Balaikota, mereka akan membacakan deklarasi damai. Nantinya, deklarasi tersebut diikuti semua pihak terkait.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya Polda Jateng yang memberi dukungan penuh baik moril dan materil. Semoga pelaksanaan Pilkada nanti berjalan aman dan lancar,” tukas Devi.

Selain untuk Pilkada Damai, agenda tersebut juga sebagai ajang memperkenalkan pencak silat kepada masyarakat Solo. Apalagi, lanjut dia, silat merupakan olahraga dan kebudayaan asli Indonesia.

“Kami turut mengajak masyarakat Kota Solo untuk melestarikan budaya silat Indonesia. Karena ini warisan budaya Tanah Air sehingga harus terus dijaga,” pungkasnya.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here