Indonesia Targetkan 17 Emas di Asian Para Games 2018

0
Paralympian catur Indonesia yang akan jadi andalan pada Asian Para Games 2018 di Jakarta dan Palembang, 6-13 Oktober mendatang. Foto : Nofik Lukman Hakim

Indonesia memasang target 17 medali emas pada ajang Asian Para Games 2018. Ada tujuh cabang olahraga (cabor) yang menjadi andalan Indonesia untuk mendulang medali emas.

Catur menjadi salah satu andalan Indonesia. Ada empat medali emas yang diharapkan datang dari 18 pecatur paralympian (sebutan atlet difabel) Indonesia. Untuk pemantapan, paralympian catur baru saja mengikuti kejuaraan dunia di Polandia.

Selain itu, ada pula bulutangkis dan tenis meja. Pada Asian Para Games 2014 di Korea Selatan, bulutangkis sukses meraih empat medali emas, tiga perak dan tiga perunggu. Fredy Setiawan, Ukun Rukaendi, Leani Ratri Oktila dan Hary Susanto menjadi andalan mendulang emas.

Untuk cabor tenis meja, nama David Jacobs masih jadi andalan. Dia diharapkan kembali merajai nomor tunggal TT10 yang sukses dimenanginya saat di Korea Selatan.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun mengatakan ada tujuh cabor yang jadi andalan. Kini para pelatih maupun tim ahli sudah mulai memetakan persaingan setiap nomor dan klasifikasi, berdasarkan entry by name kontingen Asian Para Games 2018.

Dia meyakini raihan 17 emas bisa menjadi modal Indonesia masuk peringkat enam atau tujuh klasemen perolehan medali. Pada saat di Korea Selatan lalu, Indonesia dengan modal 67 paralympian menduduki peringkat sembilan dengan sembilan emas, sebelas perak dan 18 perunggu.

“Kita sudah siap menatap Asian Para Games 2018. Kami yakin target 17 emas ini bisa tercapai, syukur-syukur bisa lebih. Kami meminta doa restu dari masyarakat Indonesia agar kami bisa sukses di Asian Para Games 2018,” terang Senny Marbun, Kamis (30/8/2018) sore.

Senny mengakui pencapaian kontingen Indonesia pada Asian Games 2018 memacu 300 paralympian untuk lebih berprestasi. Pihaknya pun mengapresiasi keberhasilan kontingen Indonesia, termasuk dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo atas pencapaian di Asian Games 2018.

“Prestasi luar biasa sudah dicapai bangsa Indonesia. Semua target bisa terpenuhi, bahkan jauh melebihi. Pencapaian itu membuat semangat atlet kita terbakar untuk mempersembahkan yang terbaik,” tuturnya.

Sementara itu, Pembina cabor Catur, Teguh Subroto menyebut Tati Kharhati dan kawan-kawan siap merealisasikan target emas yang ditarget pada Asian Para Games 2018. Dari hasil try out ke Polandia, paralympian Indonesia mampu membuat kejutan.

“Saat mengikuti kejuaraan di Polandia, atlet kita melakukan perlawanan yang luar biasa. Kita bisa kalahkan peringkat tiga dunia. Catur optimis target empat emas bisa terpenuhi,” tegasnya.

Asian Para Games 2018 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 6-13 Oktober mendatang. Ada 18 cabor yang dipertandingkan.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here