Solo Jadi Kota Pertama Pawai Obor Asian Para Games

0
Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo bersama Menteri PUPR Basuki Hadi Muldjono saat mengarahkan api ke obor lebih besar di depan Balikota Solo, Kamis (19/7/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

Kota Solo kembali akan mendapat kehormatan sebagai kota diselenggarakannya pawai obor. Terakhir kali yang digelar di kota ini adalah pawai obor Asian games 2018.

Dalam wakyu dekat Kota Solo akan ditunjuk sebagai kota pertama pawai obor untuk persiapan event Asian Para Games.

Kirab akan dimulai dengan pengambilan api di Mrapen, Grobogan, besok 5/9), yang msih di hari pertama obor tersebut langsung di bawa ke Kota Solo.

Selanjutnya, lentera tersebut akan dimulai di perbatasan Solo-Karanganyar, yang akhirnya akan singgah di Kantor Pusat Nasional Paralympic Committee yang berada di Jalan Ir Sutami Solo. Perjalanan akan berlanjut hingga akhirnya finis di Benteng Vastenburg.

Di tempat itu, Presiden INAPGOC, Raja Sapta Oktohari akan menyerahkan lentera kepada perwakilan atlet.

Penanggung Jawab Torch Relay Asian Para Games 2018, Ageng Nugroho mengungkapkan penyelenggaraan parade obor untuk Asian Para Games 2018 di Solo ini sedikit berbeda dengan Asian Games 2018. Lentera api itu akan lebih banyak dikirab di atas kereta kencana. Setelah dekat dengan balai kota, barulah lentera akan dibawa secara maraton.

Kepala Bidang Olahraga Dinas Pendidikan dan Olahraga Surakarta, Suhanto, mengatakan pihaknya telah bersiap untuk penyelenggaraan acara tersebut.

“Kami harap kemeriahan acara ini tidak kalah dengan torch relay saat Asian Games 2018,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here