Aldila Sutjiadi Tembus Final Solo Womens Circuit 2018

0
Aldila Sutjiadi berusaha mengembalikan pukulan yang dilepaskan wakil India, Mahak Jain dalam game babak semifinal Solo Womens Circuit di Lapangan 8 Manahan, Solo, Jumat (13/7/2018). Foto : Nofik Lukman Hakim

Aldila Sutjiadi akhirnya mengamankan satu tiket final nomor tunggal dalam kejuaraan tenis internasional bertajuk Solo Womens Circuit 2018.

Petenis berperingkat 751 dunia ini mengalahkan wakil India, Mahak Jain 7-6 (7-0), 2-6, 6-3 di Lapangan 8 Tenis Manahan, Jumat (13/7/2018) pagi.

Bukan pekerjaan mudah bagi Aldila mengalahkan petenis 17 tahun berperingkat 772 dunia tersebut. Pada set pertama, Aldila dengan susah payah menang 7-6 tie break 7-0.

Keadaan berbalik pada set kedua, Mahak Jain mulai bangkit. Tanpa berlama-lama Mahak Jain mengambil set kedua dengan 6-2.

Pertarungan sengit terjadi pada set ketiga. Mahak Jain terus menampilkan permainan apik. Dia terus mengembalikan pukulan yang dilepaskan Aldila. Mahak Jain pun sempat unggul 3-1.

Perlahan namun pasti, permainan Aldila mulai membaik. Pukulan kerasnya sangat tipis di atas net. Sebaliknya, kondisi Mahak Jain mulai terlihat menurun. Kerap kali pukulannya menyangkut net atau out.

Aldila memanfaatkan keadaan tersebut dengan baik. Dengan dukungan penuh dari seratusan penonton di Lapangan Tenis Manahan, Aldila akhirnya mengakhiri set ketiga dengan keunggulan 6-3.

Pada partai final, Aldila akan ditantang wakil Tiongkok, Zhima Du. Petenis berusia 18 tahun tersebut menyingkirkan wakil Jepang, Mana Ayukawa 6-3, 6-4 di Lapangan 7 Manahan.

“Awalnya memang kejar-kejaran pada set pertama. Sempat 6-6, kemudian tie break menang 7-0. Dia banyak mati sendiri saat tie break. Lalu pada set kedua aku kehilangan fokus, banyak error. Akhirnya lawan sering dapat free point,” tutur Aldila usia pertandingan.

“Set ketiga saat ketinggalan 1-3, aku mulai arahkan bola ke target lebih besar. Tidak ke pinggir-pinggir (berpotensi out). Dari situ permainan meningkat, lama-lama makin enak, bola semakin bagus,” lanjutnya.

Aldila pun mengapresiasi penampilan Mahak Jain. Diusia yang sangat muda, unggulan kelima tersebut memiliki pukulan yang bagus dan bisa mengembalikan pukulan dengan baik.

“Walaupun lawan masih muda, tapi kualitasnya cukup bagus. Bolanya susah. Kita harus sabar karena dia selalu bisa mengembalikan pukulan,” ucapnya.

Nofik Lukman Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here