#Kampiunpedia: PSIM Libas Persis Solo Saat Peresmian Stadion Sriwedari

0
Peresmian Stadion Sriwedari di tahun 1933, yang dibuka laga antara Persis Solo melawan PSIM Jogja.

Pertandingan sarat gengsi antara PSIM Jogja melawan Persis Solo sudah terjadi sebelum Indonesia merdeka. Banyak pertandingan yang berakhir menyakitkan untuk kedua kubu, khususnya jelas menyakitkan bagi mereka yang merasakan kekalahan dari sang rival, apalagi itu terjadi di rumah sendiri.

Dari sisi prestasi sebelum Persis lebih berjaya, dengan label 7 kali juara perserikatan, berbanding terbalik dengan PSIM yang hanya bisa meraihnya di tahun 1932.

Tapi bicara pertandingan, Persis sempat beberapa kali harus pulang keluar dari stadion dengan kepala tertunduk. Salah satu momen menyakitkan itu terjadi di tahun 1933.

Saat itu Persis mengundang PSIM Jogja dan Kwitang Batavia sebagai tamu undangan dalam acara pembukaan Stadion Sriwedari. Ironisnya, dalam laga ini ribuan pendukung Persis Solo yang terselip diantaranya adalah para priyayi, begitu gundah melihat Persis kalah dari tamunya PSIM.

PSIM kala itu terselip pemain bintang bernama R Maladi, yang beberapa tahun kemudian dia menjadi idola di tanah Bonrodjo. Dalam laga peresmian Stadion Sriwedari ini, PSIM sukses memenangkan pertandingan.

Seperti inilah reportase yang dituliskan koran berbahasa Belanda, De Sumatra Post terbitan 18 Januari 1933 dengan judul “Pembukaan meriah”:

18 Jan Solo (Aneta) Kemarin sore adalah pembukaan lapangan sepak bola di Solo. Pada sore dan malam hari ada pertandingan sepak bola. Kickoff dimulai oleh Pangeran Soerjohamidjojo.

Mars dari Solo dengan Kwitang Batavia berakhir dengan kemenangan 1-2 untuk Batavia. Tim nasional Solo dikalahkan 5-1 oleh Djogja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here