Praveen/Melati dan Greysia/Apriyani Melaju ke Final India Open 2019

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (via badmintonindonesia.org)

Indonesia telah memastikan langkah dua wakilnya lolos ke putaran final kejuaraan India Open 2019. Pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menjadi wakil pertama yang lolos, disusul pasangan ganda putri juara bertahan, Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Satu tiket final ganda putri memang telah dipastikan milik Indonesia karena dua wakil saling berhadapan di semifinal. Greysia/Apriyani meraih kemenangan atas rekan sepelatnas, Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah, dengan skor 21-9, 19-21, 21-5.

Sementara Praveen/Melati di semifinal menang dua game langsung atas pasangan Taiwan, Lee Yang/Yang Ching Tun, dengan skor 21-9, 23-21. Menang mudah di game pertama, Praveen/Melati harus kerja keras di game kedua, hal ini dikarenakan perbedaan kondisi angin di lapangan yang mempengaruhi permainan mereka.

“Kondisi di lapangan tadi memang ada pengaruh buat kami, di game pertama kami ‘menang angin’, jadi kami bisa terus menekan lawan. Selain itu lawan banyak melakukan kesalahan sendiri di ‘bola-bola gampang’,” jelas Melati ketika dihubungi Badmintonindonesia.org dari Jakarta.

“Waktu di game kedua sebetulnya kami sudah antisipasi soal ini, kami sudah unggul match point 20-16, permainan kami berubah dan kami balik di bawah tekanan. Saat di poin-poin kritis, kami lebih banyak komunikasi dan lebih sabar,” jelas Melati soal kemenangan di game kedua.

Baca Juga  Menanti Kejutan Playoffs Srikandi Cup 2019

Di babak final, Praveen/Melati akan berhadapan dengan unggulan pertama, Wang Yilyu/Huang Dongping. Pasangan asal Tiongkok ini di semifinal menumbangkan wakil Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, dengan skor 21-13, 21-16.

Rekor pertemuan sementara 3-0 untuk keunggulan Wang/Huang atas Praveen/Melati.

“Untuk besok, kami tidak mau memikirkan menang atau kalah dulu, tapi bagaimana besok bisa main di penampilan terbaik kami dan maksimal. Dari tiga pertemuan, kami belum pernah menang, besok harus siap capek dan fokusnya tidak boleh lepas,” ungkap Melati soal laga final.

Chrismansyah Prayogo