Empat Klub DIY Perebutkan Gelar Piala Menpora 2019, Ada Streamingnya Loh!

Pertandingan uji coba antara Timnas Indonesia melawan tim DIY di Lapangan sepak bola UII. Foto : Istimewa/KAG

Stadion Dwi Windu akan menjadi venue pertarungan empat tim sepak bola putri dalam kejuaraan Piala Menpora U-17 regional DIY, Jumat-Minggu (12-14/7/2019). Sang juara berhak mewakili DIY pada seri nasional di Bandung pada Agustus 2019.

PSW Putri Mataram menjadi unggulan. Tim asal Sleman ini dikenal kerap melahirkan talenta terbaik pesepakbola putri. Putri Mataram akan bersaing dengan Raga Putri Menoreh (Kulonprogo), Lipeg FC (Gunungkidul) dan Putri Protaba (Bantul).

Empat tim ini akan bertarung dengan sistem setengah kompetisi. Per hari, ada dua pertandingan yang digelar. Pertandingan ini bukan saja bisa disaksikan dengan gratis di stadion. Pecinta sepak bola juga bisa nonton melalui siaran streaming di youtube.

Deputi Pembudayan Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta mengapresiasi perhelatan ini. Menurutnya, DIY merupakan daerah yang strategis untuk pengembangan sepak bola putri. Apalagi DIY punya sejarah dalam mencetak pemain putri.

Pihaknya berharap, dari babak kualifikasi yang digelar di berbagai daerah, termasuk DIY, akan lahir pemain yang bisa memperkuat Timnas putri.

“Kami berharap kompetisi berjalan lancar, sukses dan melahirkan juara yang akan mewakili ke putaran nasional. Piala Menpora putri ini sebagai bentuk pelaksanaan Inpres No 3/2019 tentang percepatan sepak bola nasional,” kata Raden Isnanta.

Dirinya menilai, sektor putri selama ini belum memiliki porsi seperti sektor putra. Untuk itu, Kemenpora berupaya menggali potensi ini melalui sejumlah program unggulan.

“Kegiatan ini juga sudah kami bahas dalam Rakor. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari Liga berjenjang Kemenpora untuk terus membudayakan olahraga di Masyarakat,” ucapnya.

Ditambahkan pelatih Timnas Putri Indonesia, Rully Nere, kegiatan ini sangat bagus untuk menumbuh kembangkan kecintaan terhadap sepak bola.

“Terpenting kita bikin dulu anak-anak mencintai sepakbola. Dan berbicara sepakbola Yogyakarta, ini sudah tumbuh sejak lama. Dan Yogyakarta memberikan kontribusi besar untuk sepakbola Indonesia khususnya sepakbola putri,” tuturnya.

Terpisah, ketua panpelnas Piala Menpora U-17, M Alan Wildan Chandra mengucapkan terimakasih kepada 34 Korprov yang berjuang menghidupkan kembali sepakbola putri di Tanah Air, khususnya DIY.

“Kami yakin DIY akan banyak menyalurkan pemainnya utk Timnas Putri ke depan,” tutur Alan Wildan Chandra.

Berikut Jadwal Pertandingan Piala Menpora U-17 seri DIY :

Jumat, 12 Juli 2019

Raga Putri Menoreh vs Lipeg FC Kickoff 14.50 WIB

PSW Putri Mataram vs PSW Putri Protaba Kickoff 16.10 WIB

Sabtu, 13 Juli 2019

PSW Putri Protaba vs Raga Putri Menoreh Kickoff 14.50 WIB

Lipeg FC vs PSW Putri Mataram Kickoff 16.10 WIB

Minggu, 14 Juli 2019

Raga Putri Menoreh vs PSW Putri Mataram Kickoff 14.50 WIB

PSW Putri Protaba vs Lipeg FC Kickoff 16.10 WIB