Hitung-hitung Laga Terakhir, Delapan Tim Berebut Keberuntungan

Kompetisi Liga 2 2019 sudah memasuki pertandingan terakhir fase grup. Di fase inilah segala drama akan tersaji. Menarik menantikan siapa saja tim yang akan melenggang ke babak 8 besar.

Sejauh ini sudah ada lima tim yang memastikan diri lolos ke babak 8 besar. Ada Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang dan Sriwijaya FC dari grup barat, serta Mitra Kukar dan Persik Kediri dari grup timur.

Untuk slot terakhir babak 8 besar, ada tiga tim dari grup barat serta lima tim dari grup timur. Perserang Serang, PSCS Cilacap, PSMS Medan, Martapura FC, Persewar Waropen, PSIM Yogyakarta, Persis Solo dan Sulut United berharap bisa mendapat keberuntungan untuk melaju ke fase berikutnya.

KAMPIUN.ID coba mengutak-utik peluang dari setiap tim. Apa saja kemungkinan yang bisa terjadi dari delapan tim berpeluang menyusul ke babak 8 besar ini. Berikut analisisnya :

GRUP BARAT

  1. Persiraja Banda Aceh
  2. Sriwijaya FC
  3. Persita Tangerang

4.Perserang Serang

Perserang Serang kini menduduki peringkat empat grup barat dengan 33 poin. Pada laga erakhir, Perserang akan akan bertandang ke markas Cilegon United. Mereka butuh kemenangan untuk menjaga peluang lolos.

Hal ini tentu tidak mudah, karena Cilegon United yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri akan bermain maksimal. Jika Perserang berhasil menang, mereka meraih 36 poin. Lolos atau tidaknya masih menunggu hasil laga PSMS Medan.

5.PSCS Cilacap

Tim Hiu Selatan akan menjamu tamunya PSGC Ciamis di pertandingan terakhir. PSCS dengan 33 poin lebih diuntungkan karena bermain di kandang sendiri dengan dukungan supporter. Tentu motivasi para pemain akan berlipat ganda untuk memberikan yang terbaik.

Jika PSCS berhasil menang mereka pun akan mendapat 36 poin. PSCS akan berhitung head to head dengan Perserang, jika sama-sama meraih kemenangan. PSCS juga wajib menunggu hasil PSMS.

6.PSMS Medan

Tim Ayam Kinantan kini menduduki peringkat enam grup barat. Meski baru mengoleksi 31 poin, kans lolos paling besar justru ada di tangan PSMS.

Mereka masih menyisakan dua laga, di mana pada Kamis (17/10), PSMS menghadapi Persiraja dan pada pertandingan terakhir yang digelar serentak pada 21 Oktober akan menghadapi Babel United.

Tentu jika PSMS berhasil menang di dua laga tersebut, mereka akan lolos ke babak 8 besar dengan 37 poin. Jika kalah satu pertandingan, langkah PSMS akan sedikit sulit.

GRUP TIMUR

  1. Persik Kediri
  2. Mitra Kukar

3.Persewar Waropen

Persewar yang berada di posisi tiga grup timur dengan 28 poin, masih memiliki peluang besar untuk lolos ke 8 besar. Di pertandingan terakhir, Persewar akan melawat ke kandang Sulut United.

Tentu bukan hal mudah karena Sulut United juga menginginkan kemenangan. Selain itu, Sulut United tak terkalahkan selama main di markasnya.

Sebelum melakoni laga melawan Sulut United pada 21 Oktober, Persewar Waropen masih memiliki satu laga tunda melawan Persatu Tuban. Laga ini akan digelar Kamis 17 Oktober mendatang.

Jika Persewar menang di satu dari dua pertandingan saja, dipastikan tim promosi ini lolos ke 8 besar dengan mengoleksi 31 poin.

4. Martapura FC

Laskar Sultan Adam yang berada di posisi empat dengan 28 poin, juga memiliki kans lolos. Di pertandingan terakhir, Martapura FC akan bertandang ke markas PSBS Biak. Tentu bukan hal mudah di mana bermain di Biak, PSBS juga membutuhkan kemenangan agar lolos dari jerat degradasi.

Jika berhasil menang, Martapura FC akan mengoleksi 31 poin. Sedangkan jika kalah, Martapura FC dipastikan gagal ke 8 besar. Sementara jika imbang, mereka bisa lolos dengan catatan laga PSIM, Persis Solo dan Sulut United bermain imbang.

5.Persis Solo

Laskar Sambernyawa kini mengoleksi 27 poin dengan menduduki peringkat lima. Peluang untuk lolos cukup berat. Di pertandingan terakhir, Persis Solo akan melawan PSIM Jogja di Stadion Mandala Krida. Tentu ini bukan hal mudah.

Tetapi, Persis Solo datang ke Jogja dengan modal positif setelah di laga terakhir menang besar melawan PSBS Biak 3-0. Mereka juga pernah meraih kemenangan di markas Madura FC serta PSBS Biak. Jika berhasil menang, Persis Solo akan mengoleksi 30 poin dan lolos, dengan catatan Martapura FC kalah atau imbang lawan PSBS Biak.

6. PSIM Jogja

Laskar Mataram yang berada di peringkat enam dengan 27 poin, juga masih memiliki kans lolos setelah di laga tunda yang digelar 13 Oktober berhasil menang 2-0 atas Persatu Tuban. Kemenangan tersebut membuat PSIM turut meramaikan persaingan posisi empat besar.

Jika berhasil menang, PSIM Jogja akan meraih 30 poin dan lolos, dengan catatan Martapura FC kalah atau bermain imbang dengan PSBS Biak.

7. Sulut United

Skuat besutan Ricky Nelson yang berada di peringkat tujuh dengan 26 poin, memiliki kans lolos 8 besar. Di mana pada pertandingan terakhir akan manjamu Persewar Waropen di kandang.

Tentu pemain Sulut United akan termotivasi memenangkan pertandingan dan lolos ke 8 besar dengan 29 poin. Mereka bisa lolos dengan catatan Martapura FC kalah dan PSIM melawan Persis Solo bermain imbang.

Dendi Dwi Ramadhan