Menerka Kontestan Babak 8 Besar Liga 2 2019

Kompetisi Liga 2 2019 selalu seru setiap tahunnya. Pertarungan yang berimbang membuat banyak klub punya peluang lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019. Tercatat tiga klub sangat aman, meski tetap ada peluang gagal.

Sulit untuk menggoyahkan Sriwijaya FC serta Persita Tangerang. Dua tim ini sudah unggul cukup jauh dari para peserta grup barat. Sriwijaya FC dan Persita dengan koleksi 37 poin, unggul enam poin dari tim peringkat kelima, PSMS Medan.

Persik Kediri pun tak kalah kuat. Bermodal 30 poin dan sisa dua laga kandang, sulit untuk menyingkirkan tim Macan Putih. Bisa jadi merekalah tim pertama yang akan lolos mewakili grup timur.

Diluar tiga tim ini, sejatinya ada sepuluh klub yang punya peluang sangat besar. Tiga partai terakhir akan jadi penentu, apakah drama musim lalu saat Persis Solo tersingkir pada partai terakhir akan terulang lagi.

– GRUP BARAT

Sriwijaya masih punya satu laga kandang, serta satu laga tandang. Ada peluang laskar Wong Kito mengoleksi enam poin dari dua laga ini. Mereka akan melawan tim yang sudah pasti terdegradasi, Bandung United serta bertandang ke markas Babel United.

Persita merupakan kandidat kuat juara grup barat. Meski hanya menyisakan satu laga kandang, Persita pada partai pamungkas akan bertandang ke markas Bandung United. Enam poin berpeluang mereka dapat dari tiga laga sisa.

Ada empat tim yang punya kans mengikuti jejak dua tim ini. Mereka adalah Persiraja, PSCS Cilacap, PSMS Medan serta Cilegon United. Persiraja dan PSCS punya peluang paling besar.

Persiraja kini mengoleksi 36 poin, sementara PSCS 32 poin. Dua tim ini sama-sama menyisakan dua laga kandang. Mereka juga termasuk tim tak terkalahkan di kandangnya.

Namun PSCS patut waspada dengan PSMS. Tim besutan Jafri Sastra terkenal garang di kandang lawan. Bisa jadi mereka akan mengejutkan, dengan menggeser PSCS.

– GRUP TIMUR

Inilah grup dengan persaingan sangat ketat sejak dua musim terakhir. Selalu ada kejutan di partai terakhir. Bahkan Persik Kediri yang kini ada di papan atas, bisa-bisa terpeleset.

Dalam dua partai kandang, mereka akan melawan Madura FC dan Sulut United. Dua tim ini sama-sama berlari menghindari zona degradasi. Perlawanan pasti akan diberikan dua tim ini untuk merepotkan Persik.

Namun peluang lolos sangat besar bagi Persik karena sudah mengoleksi 30 poin. Terlebih, mereka unggul head to head atas Mitra Kukar, PSIM Yogyakarta serta Persis Solo.

Ada enam tim yang berpeluang menemani Persik. Mulai Mitra Kukar, Persewar Waropen, PSIM Yogyakarta, Martapura FC, Persis Solo serta PSBS Biak. Mitra Kukar menjadi yang paling berpeluang menemani Persik, dengan sisa dua laga kandang serta satu tandang ke markas Persatu Tuban. Tujuh poin kemungkinan bisa mereka raih dari tiga laga ini. Mitra Kukar berpeluang finish dengan 34 poin.

Pertemuan Persewar melawan Persis Solo akan jadi salah satu penentu grup timur. Bila Persewar menang, jalan mereka ke babak 8 besar akan terbuka lebar.

Namun jika Persis Solo menang, bisa-bisa skuat besutan Salahudin akan berbalik mengejutkan, setelah kegagalan menyakitkan musim lalu. Apalagi setelah lawan Persewar, mereka akan menjamu PSBS Biak. Namun jika kalah, selesailah perjalanan mereka.

PSIM Yogyakarta sejatinya punya peluang paling besar untuk menemani Persik. Dari empat laga tersisa, PSIM punya tiga laga kandang lawan Sulut United, Persis Solo serta Sulut United. Inilah momen terbaik setelah dua musim terakhir gagal masuk babak 8 besar.

Martapura FC memang punya peluang. Namun kans cukup berat. Mereka menyisakan satu laga kandang lawan PSIM. Sementara partai tandang, mereka melawat ke markas Persiba Balikpapan serta PSBS Biak. Namun peluang selubang jarum tetaplah peluang. Mereka bisa meniru keberhasilan Aceh United musim lalu saat lolos pada menit-menit terakhir fase grup.

Meski cukup berat, KAMPIUN.ID coba membuat prediksi. Kami memprediksi grup barat akan diwakili Sriwijaya FC, Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang serta PSCS Cilacap. Sementara grup timur diwakili Persik Kediri, Mitra Kukar, PSIM Yogyakarta dan Persewar Waropen.

Lalu, klub mana prediksimu?