Gawat.. Catalunya Merdeka, Barcelona Terancam Kehilangan Messi

Lionel Messi bersama rekan-rekannya sata melakukan selebrasi gol. Foto: Official tim Barcelona.

SPANYOL – Ayah dari Lionel Messi mengakui jika putranya itu memiliki klausul untuk meninggalkan Camp Nou, khususnya apabila Barcelona tidak diizinkan berkompetisi di La Liga Spanyol sebagai imbas dari kemerdekaan Catalunya.

Isu kemerdekaan Catalunya yang memanas dalam beberapa bulan terakhir, dilaporkan bisa merembet pada sepakbola. Klub-klub yang bermarkas di Catalunya, seperti Barcelona, diyakini bakal dicoret dari La Liga seandainya kemerdekaan wilayah otonomi Spanyol tersebut mendapat pengakuan.

Jika skenario itu terjadi, Barca disebutkan siap mencari pintu masuk ke kompetisi negara lain seperti Liga Primer Inggris, Serie A Italia, dan Ligue 1 Prancis. Namun apabila pada akhirnya mereka tidak berkompetisi di liga yang kompetitif, maka Blaugrana terancam kehilangan Messi.

Sang ayah memberi isyarat kuat bahwa memang terdapat “klausul Catalunya” tersebut dalam kontrak terbaru Messi yang ditandatangani pada November lalu.

“Kabar itu tidak benar. Tetapi memang ada persetujuan bahwa Lionel akan bertahan di klub asalkan mereka bermain di liga top,” ungkap Jorge Messi yang dikutip dari Soccerway.

“Jika Catalunya memperoleh kemerdekaan, maka Lionel akan tetap bertahan selama Barcelona berada di liga yang kompetitif,” imbuhnya.

Di musim ini, Messi sudah mencetak 15 gol di La Liga untuk membawa Barcelona unggul sembilan poin di puncak klasemen dari rival terdekat Atletico Madrid.

Jaladwara