Negara Mana Saja yang Menggunakan VAR di Asia Tenggara?

Ilustrasi VAR (Verdict)

Video Assistant Referee (VAR) merupakan teknologi yang membantu dalam sebuah pertandingan sepakbola. Meski cukup membantu, VAR nyatanya belum diterapkan di semua kompetisi.

Asia Tenggara contohnya, tak semua liga di wilayah ini menggunakan VAR.

Negara pertama di Asia Tenggara yang menggunakan VAR adalah Thailand. Mereka sudah menggunakan teknologi ini sejak musim 2018 lalu.

Musim ini, VAR masih akan tetap digunakan di Liga Thailand. Vietnam menyusul Thailand menggunakan VAR pada musim ini.

Namun negara juara Piala AFF 2018 ini belum akan menggunakan VAR pada semua pertandingan. Rencananya VAR hanya akan digunakan di beberapa laga saja.

Selanjutnya Malaysia juga berencana menggunakan VAR. Namun mereka akan menggunakan VAR pada 2020 mendatang.

Negara tetangga Indonesia ini sedang mempersiapkan fasilitas pendukung untuk menerapkan VAR di Liga Malaysia.

Indonesia sudah dipastikan tidak menggunakan teknologi ini. PSSI selaku federasi sepakbola Indonesia mengaku belum siap menggunakan VAR.

Teknologi hingga Sumber Daya Manusia (SDM) jadi hal yang membuat VAR susah diterapkan. Namun ada kemungkinan VAR juga akan diterapkan di tahun 2020.

Negara-negara lain seperti Singapura, Filipina hingga Myanmar hingga kini belum menentukan pilihan apakah menggunakan VAR atau tidak.

Meskipun belum menjadi teknologi yang wajib, VAR setidaknya mampu membantu wasit dalam menjalankan pertandingan. Mari kita tunggu saja apakah Asia Tenggara akan menggunakan VAR.