Pendukung Persija Kena Kritik Yang Punya Stadion

Potongan Foto saat suporter Indonesia melihat pertandingan Persija melawan Ratchaburi. FOTO: Instagram Stadium Bukit Jalil.

Loyalitas suporter Indonesia memang tak bisa kita ragukan lagi. Saat pertandingan Persija Jakarta melawan klub asal Thailand, Ratchaburi di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia (13/1/2018). Dalam turnamen bertajuk Boost Fix Super Cup 2018 tersebut, ternyata yang hadir bukan hanya dari suporter Persija (Jak mania).

Suporter lainnya juga hadir. Para pendukung tim lainnya seperti dari pendukung Madura United, Persik Kediri, hingga Persela Lamongan turun bergabung dengan Jakmania. Sebagain besar pendukung Persija yang hadir di turnamen ini, adalah WNI yang bekerja di Malaysia.

Dengan semangat nasionalis, mereka turut mendukung tim Indonesia, yang di laga ini diwakili oleh Persija. Efeknya cukup besar, ratusan suporter Indonesia ikut menjadi saksi meliat Macan Kemayoran (julukan Persija) menang atas lawannya dengan skor 3-1.

Sayang, ternyata ada kritik yang terlontarkan dari kehadiran suporter Indonesia ini di laga tersebut. Kritik yang muncul, ternyata dari pihak Malaysia, yang jadi tuan rumah turnamen ini.

“Tiada masalah jika mau berdiri dan bersorak untuk pasukan kesayangan kalian. Tidak ada siapapun yang melarang kalian berdiri dan berteriak. Semangat ya bagus, tapi lebih enak jika kursi itu dilipat dan berdiri aja di lantai. Udah capek berdiri, duduk manis di kerusi. Kan enak begitu. Admin banyak terima aduan lagi, oh ya sudah diberitahu dan dipasang papan tanda juga kawasan stadion adalah kawasan larangan merokok. Dan masih ada lagi yang merokok,” pernyataan akun instagram Stadiun Bukit Jalil.

Baca Juga  Reds Rancang Jersey PSM Madiun

Di luar masalah itu, sebenarnya yang perlu diambil sisi positif adalah unsur kebersamaannya. Suporter di Malaysia memang dikenal jadi salah satu suporter yang cukup loyal hadir.

Khususnya saat Timnas bertanding disana, ataupun ada klub asal Indonesia juga bertanding di Negeri Jiran.

Ambil contoh SEA Games 2017 kemarin. Tercatat pendukung Timnas saat berlaga di Selangor, berada diangka 7-15 ribu perlaganya. Cukup fantastik memang.

Jaladwara