Telat Komplain, Levante Gagal ‘Singkirkan’ Barcelona dari Copa del Rey

Barcelona (via @FCBarcelona)

Federasi sepak bola Spanyol RFEF memastikan Barcelona tetap akan bermain di ajang Copa del Rey musim ini. Mereka dinyatakan lolos dari sanksi akibat menurunkan pemain ilegal.

Sebelumnya, lawan Barca di babak 16 besar, Levante melaporkan jika ada satu pemain Barca yang ilegal. Pemain yang dimaksud adalah Juan Brandariz alias Chumi.

Chumi dianggap ilegal adalah karena sebelum tampil di tim utama. Kemudian ia mendapat sanksi akumulasi kartu yang didapatkan dari laga bersama Barca B.

Namun RFEF lewat hakim Carmen Perez memastikan tak akan mengeluarkan Barca. Alasannya adalah karena pihak Levante mengajukan komplain lewat dari batas waktu yang telah ditentukan.

“Hakim Carmen Perez mempertimbangkan sesuai dengan peraturan yang berlaku di RFEF bahwa pengaduan yang diajukan oleh Levante UD pada pukul 9:33 pagi pada hari Jumat ini telah diterima di luar batas waktu yang telah ditentukan,” demikian bunyi pernyataan resmi yang dirilis RFEF.

“Setelah keluhan dan dugaan terkait telah dipelajari, hakim telah memutuskan untuk mempertahankan hasil pertandingan dan mempertahankan FC Barcelona dalam undian untuk perempat final sore ini karena alasan yang dinyatakan sebelumnya,”

Barcelona pun kini punya peluang menjuarai Copa del Rey untuk yang kelima kalinya secara beruntun.

Chrismansyah Prayogo