Mulai Dekati Akhir Masa Edar, Barcelona Bersiap Tak Lagi Bersama Lionel Messi

Lionel Messi (via @FCBarcelona)

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, mengakui keberadaan Lionel Messi sebagai sosok penting dalam tim. Meski demikian, ia menyebut Los Cules tengah mempersiapkan diri kehilangan Messi di masa depan.

Sepanjang kariernya bersama Barcelona, Messi telah mencetak 581 gol dan 233 assist dari 664 pertandingan di seluruh ajang kompetisi. Ia berperan mengantar Barcelona meraih 32 titel juara, termasuk sembilan gelar La Liga dan empat trofi Liga Champions.

Namun, Blaugrana tidak bisa selamanya mengandalkan Messi. Pasalnya, Lionel Messi telah menginjak usia 31 tahun.

“Saya tahu suatu hari Lionel Messi akan mengatakan dia pensiun. Kami harus menyiapkan klub untuk masa depan. Kami membawa pemain muda hebat ke tim ini, karena kami harus melanjutkan era kesuksesan ini. Hal itu adalah tanggung jawab kami,” ujar Bartomeu, dikutip dari BBC.

“Mandat saya akan selesai dalam dua musim. Jadi saya harus meninggalkan klub dalam posisi yang bagus dan memberi tahu presiden baru ‘itu adalah warisan kami’,” paparnya.

Sampai saat ini, Barcelona masih belum memiliki calon suksesor Messi. Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele digadang-gadang bakal meneruskan jejak Messi, masih belum mampu mengimbangi performa La Pulga.

Chrismansyah Prayogo