Ronald Koeman Pelatih Baru Timnas Belanda

Ronald Koeman saat masih mendampingi Everton. Foto: Twitter Ronald Koeman

Ronald Koeman ditunjuk sebagai pelatih Timnas Belanda. Mantan pelatih Everton ini bakal membesut skuat Oranje hingga selesai Piala Dunia 2022 di Qatar.

Koeman ini nganggur setelah  dipecat oleh Everton ada Oktober. Belanda  tanpa pelatih kepala sejak Dick Advocaat mengundurkan diri pada November setelah mereka gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Pelatih berusia 54 tahun itu adalah pelatih kepala keempat Belanda sejak Louis van Gaalmengundurkan diri dari kursi pelatihnya. Ia kemudian melatih  Manchester United. Louis Van Gaal kala itu berhasil memimpin timnya ada di posisi ketiga Piala Dunia 2014.

Mengutip Soccerway, setelah Louis van Gaal, kursi pelatih Timnas Belanda diisi oleh Danny Blind dan Dick Advocaat. Kedua pelatih ini gagal meloloskan Belanda ke Euro 2016 dan Piala Dunia Rusia tahun ini.

“Saya sangat yakin tentang masa depan tim nasional. Jika tidak, saya tidak akan mengambil pekerjaan untuk dua tahun berikutnya dan dua  tahun berikutnya setelah itu. Jika Anda tahu bagaimana saya bekerja dengan tim maka  saya adalah pelatih yang suka mengubah sistem. Kami tidak memiliki pemain terbaik, tapi itu tidak berarti Anda tidak memiliki tim terbaik, ” jelasnya.