Dituduh Gelapkan Pajak, Eks Bintang Real Madrid Terancam 5 Tahun Penjara

Mantan pemain Real Madrid, Xabi Alonso. Foto: Twitter Xabi Alonso

Mantan pemain tengah Real Madrid dan Liverpool, Xabi Alonso terancam hukuman lima tahun penjara . Pemain berusia 36 tahun itu diduga telah menggelapkan pajak dari hak citra saat masih membela Real Madrid.

Jaksa Spanyol merilis sebuah pernyataan untuk menuntut hukuman penjara lima tahun dan denda senilai 4 juta euro terhadap eks bintang Bayern Munchen ini. Xabi Alonso dituding menggelapkan pajak selama 2010-2012 senilai 1,75 juta pounds (Rp 33 miliar).

“Bagian Kejahatan Ekonomi dari Kantor Kejaksaan Provinsi Madrid menuntut lima tahun penjara bagi mantan pemain sepak bola Xabier Alonso Olano atas perintah tiga kejahatan terhadap Departemen Keuangan Publik selama tahun fiskal 2010, 2011 dan 2012,” kata pernyataan itu, yang dirilis melalui PA dilansir dari Sportsmole.

Perwakilan dari Kementerian Publik mengklaim hukuman yang sama untuk penasihat pajak Ivan Zaldua Azcuenaga. Selain itu juga menuntut untuk administrator perusahaan Kardazli Comercio Servicos de Consultoria e Investimentos LDA. Ignasi Maestre Casanova.

“Masing-masing dari mereka wajib membayar denda 4 juta euro. Mereka diminta membayar 2,032,845 euro kepada Badan Pajak. Itu merupakan jumlah total kerugian yang disebabkan oleh mereka dan ditambah bunga yang dihasilkan, ” lanjut pernyataan itu.

Sebelumnya Jose Mourinho, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo juga menjadi subyek penyelidikan penggelapan pajak selama setahun terakhir. Messi diberi hukuman penjara 21 bulan yang kemudian sanksi itu dikurangi menjadi denda.