Kalah Telak dari Belanda, Pelatih Portugal Enggan Cari Kesalahan

Pemain Belanda melakukan selebrasi gol saat lawan Portugal. Foto: Official Twitter Timnas Belanda

Portugal kalah 0-3 dari Belanda dalam laga persahabatan di Jenewa, Swiss, Selasa (27/3/2018) dini hari. Pelatih Portugal Fernando Santos mengatakan kekelahan tersebut merupakan tanggung jawabnya dan enggan mencari kesalahan timnya.

Kemenangan atas Portugal ini menjadi kemenangan pertama Ronald Koeman sejak menjadi pelatih Oranje pada Februari. Belanda gagal lolos ke Piala Dunia di Rusia tetapi mereka terlalu bagus untuk Portugal. Tiga gol  Belanda dicetak Memphis Depay, Ryan Babel dan Virgil van Dijk.

“Saya bisa melakukannya dengan lebih baik, tetapi tanggung jawab untuk kekalahan adalah milik saya. Akulah yang memilih para pemain, mengamati lawan, mengatur strategi sehingga kami memiliki bola dan saya pikir dalam 10 menit pertama kami menguasai pertandingan. “ urainya.

Santos mengakui gol perdana Belanda yang dicetak Memphis Depay membuat situasi Portugal kian rumit. Serangan balik yang diandalkan Portugal pun tak membuahkan hasil

“Kami kebobolan satu gol dan dari sana situasinya menjadi lebih rumit. Mereka menjelajahi sisi gang dengan baik dan mengalami banyak kesulitan di babak pertama. Performa keseluruhan tidak memadai dan kami tidak bisa melakukan serangan balik, “ kata dia.

Portugal kebobolan tiga gol di babak pertama. Saat istirahat turun minum, Santos memberikan pengarahan kepada timnya agar tidak mengulangi kesalahan seperti pada babak pertama. Hasilnya memang cukup efisien, meredam Belanda. Tetapi usaha Portugal untuk mengejar ketertinggalan menemui kesulitan, setelah Joao Cancelo mendapat kartu kuning kedua.

“Pada kedua kami adalah tim yang berbeda dalam segala hal. Kami tidak memberika ruang untuk lawan, kecuali mendekati akhir. Dengan 10 pemain di lapangan kami memiliki sedikit kesulitan, tetapi kami terus berusaha mencapai tujuan dan kami memiliki tiga atau empat peluang. Kami berhak mendapatkan satu atau dua gol, “ jelasnya.

Sementara itu, pelatih Belanda, Ronald Koeman menambahkan timnya memutuskan untuk bermain dengan sistem yang sangat berbeda dari yang pola permainan yang kerap digunakan Belanda dalam beberapa tahun terakhir.  Belanda memasang tiga pemain di lini tengah.

“Tim membuat permainan yang sangat baik dan menyisakan beberapa ruang di antara garis. Portugal memiliki banyak masalah dalam menemukan ruang. Perbedaan antara pertandingan malam ini dan Jumat lalu [kalah 1-0 ke Inggris] adalah kami lebih nyaman dan mencetak gol dengan cepat. Tim lebih percaya diri dan lebih beradaptasi dengan sistem baru, “ ujarnya dilansir Soccerway.