Kemenangan Belanda dari Portugal dan Debut Anak Patrick Kluivert

Anak Patrick Kluivert, Justin Kluivert masuk menggantikan Memphid Depay. Foto: Official Twitter Timnas Belanda

Belanda memulai era baru mereka di sepakbola internasional saat mereka menang 3-0 atas juara Eropa Portugal pada Selasa (27/3/2018). Ronald Koeman menikmati kemenangan pertamanya sejak menjadi pelatih Oranje pada Februari.

Sejak gagal melaju ke Piala Dunia Rusia, Belanda ada dalam tahap membangun kembali skuatnya. Beberapa kali Belanda juga gonta ganti pelatih semenjak kegagalan itu. Tetapi kini performa mereka terlihat menjanjikan, setelah menghancurkan juara Piala Eropa, Portugal pada lag dini hari tadi di Stade de Geneva, Jenewa, Swiss. Padahal tiga hari sebelumnya mereka kalah 0-1 dari Inggris.

Kali ini Ronaldo tak bisa menjadi penyelamat timnya. Berkaca pada pertandingan tiga hari sebelumnya, Ronaldo yang mampu membawa kemenangan untuk Portugal lawan Mesir. Dua golnya di ujung laga membawa Portugal menang.

Portugal yang bermain agresif di awal justru kebobolan pada menit 11 oleh tendangan jarak dekat Memphis Depay. Belanda menggandakan keunggulannya pada menit 32 lewat sundulan Babel. Jelang akhir babak pertama, Van Dik mencetak gol ketiga untuk Belanda.

Usaha Portugal untuk mengejar ketertinggalan tiga gol kian sulit setelah Joao Concelo mendapat kartu kuning kedua pada menit 61. Ronaldo yang kerap menjadi penyelamat tim juga ditarik pada menit 68. Hingga akhir laga tak ada gol tambahan. Portugal kalah 0-3 dari Belanda.

Sorotan lain dalam laga ini adalah bermainnya Justin Kluivert, anak dari Patrick Kluivert. Ia mengawali pertandingan dari bangku cadangan. Justin masuk pada menit 78 menggantikan Memphis Depay.

Justin debut bersama Timnas Belanda di usia yang masih sangat muda, 18 tahun. Menariknya catatan tersebut sama dengan yang dilakoninya ayahnya, Patrick Kluivert. Kluivert menjalani debutnya pada 16 November 1994. Kala itu Belanda melawan Republik Ceko.