Catatan Bagus Zidane Saat Bersua Bayern Munchen

Bayern Munchen menjamu Real Madrid dalam leg 1 semifinal Liga Champions di Allianz Arena, Kamis (26/4/2018) dini hari. Sang pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane memiliki modal catatan bagus baik sebagai pemain mamupun pelatih ketika melawan Die Roten.

Kedua tim sering sekali bertemu di Liga Champions. Menurut catatan Uefa, laga besok merupakan pertemuan ke-25 bagi kedua tim. Sejauh ini mereka sudah bertemu 24 kali. Bayern Munchen dan Real Madrid sama-sama kuat dengan mengoleksi 11 kemenangan, sedangkan dua sisanya bermain imbang.

Mereka terakhir kali bertemu di perempatfinal Liga Champions musim 2016/2017. Real Madrid menang 2-1 saat leg 1 di Allianz Arena. Kemudian pada leg 2, Real Madrid menang lewat perpanjangan waktu 4-2. Cristiano Ronaldo dkk melaju ke semifinal dengan keunggulan agregat 6-3.

Zidane menapakki semifinal kali ini dengan perasaan tenang. Melansir dari Marca, ia memiliki catatan yang sangat baik melawan Bayern dari waktu sebagai pemain dan pelatih. Pelatih berkebangsaan Perancis itu sembilan kali bersua dengan Bayern Munchen. Dari sembilan kali perjumpaan itu, Zidane hanya kalah dua kali.

Kekalahan itu didapatkannya ketika bermain saat membela Bourdeaux pada Piala UEFA 1995/1996. Zidane yang bermain di leg 2 harus menelan kekalahan 3-1. Kemudian kekalahan kedua adalah saat membela Real Madrid. Timnya kalah 1-2 di leg 1 perempatfinal Liga Champions 2001/2002.

Dua tahun kemudian dua raksasa Eropa saling berhadapan lagi. Kali ini di babak 16 besar dan Zidane mencetak gol kemenangan, tendangan voli yang luar biasa di leg kedua untuk mengamankan kemenangan agregat 2-1.

Kemenangan sebagai pelatih dimulai saat dirinya menjadi asisten Carlo Ancelotti. Real Madrid lolos ke babak perempatfinal Liga Champions setelah menang agregat 5-0 lawan Die Roten. Laju positif ini berlanjut saat Real Madrid lolos ke semifinal setelah unggul agregat 6-3 dari Munchen.