Faktor Kunci Kelolosan Man United ke Final Piala FA

Jose Mourinho (via @manutd)

Manchester Unitied berhasil melaju ke final Piala FA pada edisi 2017/2018 setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-1.

Manajer Man United, Jose Mourinho mengungkapkan rahasia kemenangan timnya. Rahasia itu adalah tinggal beberapa hari di London sebelum semifinal melawan Spurs.

Manchester United yang menurunkan skuat terkuatnya di laga ini malah ketinggalan lebih dulu lewat gol Dele Alli. Alexis Sanchez yang beberapa pekan mejan berhasil menumbuhkan asa untuk timnya setelah mencetak gol penyama. Hingga turun minum kedudukan 1-1.

Kedua tim bermain saling menyerang dalam pertandingan ini. Pertahanan Man United cukup tampil baik meredam permainan agresif anak-anak muda Spurs ini.  Gol penentu kemenangan Setan Merah dicetak oleh Ander Herrera pada menit 62. Hingga peluit akhir tak ada gol tercipta. Man United lolos ke final Piala FA. Mereka akan melawan Chelsea atau Southampton yang akan bertanding pada Minggu (22/4).

Jose Mourinho memastikan bahwa kunci kemenangan timnya adalah menempatkan penggawanya tinggal lima hari di London sebelum laga semifinal ini.  Seperti diketahui, Man United kalah 1-2 lawan West Brom pekan kemarin. Setelah kekalahan itu, rupanya Jose Mourinho memutuskan timnya tinggal beberapa hari di London.

Pasalnya setelah laga melawan West Brom, Man United harus melawan Bournemouth yang ada di pesisir selatan Inggris. Pada akhirnya Setan Merah menang melawan Bournemouth 2-0. Setelah laga itu, mereka kembali lagi ke London. Mengingat pada Minggu (22/4/2018), MU akan melawan Spurs di semifinal Piala FA yang digelar di Stadion Wembley, London.

“Saya pikir fakta bahwa kami tinggal bersama selama lima hari adalah baik. Kami tinggal jauh dari rumah, di London. Kami menghabiskan waktu kami. Kami berbicara. Saya punya kesempatan untuk merasakannya, saya berbicara dengan beberapa dari mereka secara pribadi, “ jelas Mourinho.

Mourinho mengakui bahwa timnya kalah di lini tengah melawan Spurs, tetapi berbesar hati dengan cara para pemainnya dengan tenang berjuang untuk bisa memenangi laga ini.  Jose Mourinho memberikan pujian atas usaha kolektif para pemainnya.

“Ini adalah pencapaian luar biasa untuk mengalahkan mereka di stadion mereka. Saya menerima pesan teks yang sederhana sebelum laga kepada atasan saya,  Ed Woodward. Ia mengatakan bahwa  kita yakin kita akan menang tetapi jika kita tidak musim adalah musim yang baik, musim di mana semua orang profesional dan semua orang membawa klub ke arah yang benar , “ jelasnya kepada BBC Sports.