Isyarat Laga Terakhir Andres Iniesta di Liga Champions

Gelandang veteran Barcelona, Andres Iniesta mengungkapkan ia mungkin telah memainkan pertandingan terakhirnya di Liga Champions setelah timnya kalah dramatis di perempatfinal melawan AS Roma.

Barca menang 4-1 pada leg 1 perempatfinal Liga Champions di Camp Nou pekan kemarin. Tetapi keunggulan itu tak bisa membawa Barca lolos ke semifinal. Barca kalah telak 0-3 di Olimpico pada Rabu (11/4/2018) dini hari. Tim asal Catalan ini pun kalah karena produktifitas gol tandang.

Iniesta telah dikaitkan dengan kepindahan ke Liga Super China bergabung dengan Tianjin Quanjian. Pemain berusia 33 tahun mengisyaratkan kemungkinan laga berujung kekalahan ini menjadi laga terakhirnya.  Sebelumnya ia menyatakan akan memutuskan masa depannya hingga 30 April.

“Ini kemungkinan bahwa ini mungkin pertandingan terakhir saya di Liga Champions tetapi sekarang ini sulit bagi semua tim, kita semua. Kami sangat ingin memenangkan turnamen ini tetapi kami gagal melakukannya lagi, “ ujar Iniesta kepada Uefa.

Gol-gol dari Edin Dzeko, Daniele De Rossi dan Kostas Manolas meraih kemenangan dramatis di Stadio Olimpico, hanya lebih dari satu tahun dari babak 16 besar terakhir yang dilakukan Barca melawan Paris Saint-Germain, yang berakhir dengan agregat 6-5.

Sepanjang pertandingan leg 2, Barca memang terlihat tak berkutik. Roma tampil agresif dibandingkan dengan tim asal Catalan ini. Gol pembuka Roma dicetak Edin Dzeko di menit keenam. Hasil 1-0 bertahan hingga turun minum.

Roma memperbesar keunggulan lewat gol penalty Daniele De Rossi menit 58. Penentu kemenangan dicetak Kostas Manola pada menit 82. Menariknya dua nama terakhir ini merupakan pesepakbola yang membuat dua gol bunuh diri pada leg 1.

“Ini sangat sulit. Sepertinya tidak benar, sangat sulit diterima. Dengan keuntungan yang kami miliki, kami keluar karena kami benar-benar melakukan banyak hal buruk. Liga Champions menghukum Anda untuk itu, “ kata Iniesta.