Kunci Kemenangan AS Roma, Mengeluarkan Barca dari Zona Nyamannya

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde. Foto: Official Barcelona

Barcelona mengakui kekalahannya 0-3 dari AS Roma. Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menyebut skema yang dipergakan Roma sukses menekan Barcelona dan membawa mereka keluar dari nyamannya.

Publik Catalan masih ingat dengan hasil pengundian perempatfinal pada Maret lalu. Saat Barcelona mendapat lawan AS Roma. Barca menyambut undian dengan gembira. Mengingat mereka bisa terhindar dari lawan seperti Real Madrid, Juventus atau Bayern Munchen.

Kepercayaan diri mereka semakin bertambah saat Barcelona menang 4-1 di Camp Nou pekan lalu. Tetapi mereka tertegun saat AS Roma berhasil mengalahkan Barca 3-0 di Olimpico, Rabu (11/4/2018). Barca kalah karena gol tandang yang dicetak Edin Dzeko.

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengaku bertanggung jawab untuk keluar Liga Champions ke Roma. Ia menyerukan kepada timnya untuk segera bangkit. Mengingat masih ada dua kompetisi yang masih bisa diperjuangkan.

“Mereka membawa kami keluar dari zona nyaman kami. Kami hanya bisa menjaga kepala kami karena tidak ada cara lain. Mereka memiliki permainan yang hebat, mereka mengalahkan kami dan kami harus mengucapkan selamat kepada mereka. Kami tidak dapat memainkan game kami dan ruang ganti sangat terpengaruh, meskipun itu normal setelah kekalahan seperti ini, “kata Valverde pada TV3 TV Spanyol.

Ia menyebutkan siasat yang dipraktikkan Roma berhasil menghukum Barcelona. Tim berjuluk serigala Ibukota ini berhasil membawa Barca keluar dari zona nyamannya. Eusebio Di Francesco menggunakan formasi 3-4-1-2 saat melawan Barca.

“Mereka membawa kami keluar dari zona nyaman kami, mereka membawa kami ke tempat yang mereka inginkan dan kami tidak pernah merasa nyaman.Itu sepak bola dan saya tidak bisa menyalahkan pemain untuk apa pun. Apakah saya merasa bertanggung jawab? Tentu saja, Pelatih bertanggung jawab untuk semuanya, “ jelas Valverde dilansir Soccerway,

Sekarang Valverde mendapat kecaman. Presiden Josep Maria Bartomeu mengisyaratkan dia tidak akan menjadi pelatih mereka musim depan. Hasil itu merubah musim Barca, beberapa jam sebelum laga, Lionel Messi dkk berada di jalur untuk Treble.

“Menganalisis kekalahan seperti ini selalu berlebihan. Saya harap itu tidak memengaruhi tim untuk maju. Ini merupakan pukulan besar bagi kami secara mental, tetapi kami memiliki beberapa tujuan yang indah dan kami akan melihat apakah kami dapat mencapainya. Memenangkan trofi itu sulit, “ ujar dia.