Man City 1-2 Liverpool, Salah yang Tak Henti-hentinya Menyelamatkan The Reds

Mohamed Salah melakukan selebrasi. Foto: Official Twitter Liverpool

Liverpool lolos ke semifinal Liga Champions setelah menyingkirkan Manchester City dengan skor agregat 5-1. Kemenangan di leg 2 perempatfinal tak lepas dari peran Mohamed Salah. Ia selalu ada di waktu dan tempat yang tidak pernah salah untuk Liverpool musim ini.

Liverpool memiliki modal kemenangan 3-0 saat melawat ke kandang Manchester City pada leg 2 perempatfinal Liga Champios di Etihad, Rabu (11/4/2018). Kemenangan dengan keunggulan itu dirasa belum aman.

Publik tentu masih ingat dengan kekalahan telak Liverpool dari Man City dalam pertemuan pertama Liga Premier edisi tahun ini. Man City menang 5-0 di Etihad. Kenangan ini tentu saja masih menghantui Liverpool.

Pada leg 2 ini, Liverpool melakukan comeback setelah tertinggal 0-1 di babak pertama. Gabriel Jesus membawa sempat membawa motivasi bagi public di Etihad lewat gol di menit 2. Dengan menyisakan waktu  90 menit, paling tidak David Silva dkk mampu mengejar dua defisit gol.

Motivasi ini semakin membuncah saat Leroy Sane mencetak gol kedua menjelang babak pertama berakhir. Sayang wasit menganulir gol tersebut karena sang pemain sudah dalam posisi offside.

Tertekan di babak pertama, Liverpool unjuk gigi di babak kedua. Lagi-lagi Mohamed Salah yang menjadi inspirasi kemenangan The Reds. Salah mencetak gol di menit 56. Gol Roberto Firmino di menit 77  menambah luka bagi tim besutan Pep Guardiola. Dan pada akhirnya, City kalah 1-2 dari Liverpool.

Liverpool dalam laga ini bermain cukup efisien. Menurut Espn, Man City menguasai bola 68 persen. Liverpool hanya menguasai bola 32 persen. Dari penguasaan bola yang tidak terlalu banyak itu, Liverpool melepaskan 5 tembakan ke gawang, dengan 3 di antaranya on target. Bandingkan dengan Man City yang melepaskan 20 tembakan dengan 3 di antaranya tepat sasaran.

Kemenangan ini sukses membawa Liverpool kembali merasakan semifinal Liga Champions. Ini menjadi yang pertama bagi The Reds dalam sepuluh tahun terakhir.