Meski Sudah Tak Main Dua Bulan, Neymar Jadi Nominator Pemain Terbaik Ligue 1

Neymar saat melakukan selebrasi gol bersama tim PSG: FOTO: Official PSG.

National Union of Professional Football Players (UNFP) mengumumkan nominasi pemain terbaik Ligue 1, Jumat (27/4/2018). Berdasar pengumuman itu, tiga pemain Paris Saint Germain (PSG) yaitu Neymar, Edinson Cavani, Kylian Mbappe dinominasikan menjadi pemain terbaik tahun ini.

PSG telah menikmati musim yang luar biasa di liga domestic. Mereka berhasil memenangi gelar Ligue 1 dan membuat jarak lebar sebanyak 20 poin dengan rival terdekatnya, AS Monaco.

Tim besutan Emery ini mencetak 104 gol dan  hanya kebobolan 23 gol. Catatan positif ini menjadikan PSG mampu mendominasi pemain terbaik di Perancis. Tiga striker PSG, Edinson Cavani, Kylian Mbappe dan Neymar menjadi yang terdepan untuk berkompetisi menjadi pemain terbaik tahun ini.

Neymar pindah dari Barcelona ke PSG pada bursa transfer musim panas tahun lalu. Neymer sempat kesulitan dengan transisi, namun ia menjadi salah satu penyumbang gol terbanyak di PSG. Meskipun tidak bermain sejak akhir Februari karena patah kaki, Neymar memiliki 19 gol dan 13 assist.

Cavani mungkin sedikit kurang efektif dibandingkan dengan musim lalu. Namun, pemain berusia 31 tahun ini berhasil mencetak 25 kali di liga. Sementara Mbappe  yang menjadi nominasi penghargaan Pemain Terbaik dan Harapan Terbaik -memiliki 13 gol dan delapan assist.

Satu-satunya pemain non-PSG untuk penghargaan utama adalah Florian Thauvin. Ia telah menikmati musim yang brilian bersama Marseille. Jumlah gol Thauvin di Ligue 1 sejajar dengan Neymar, 19 gol. Performa apiknya di musim ini menjadikan peluang untuk mendapat tempat di skuat Timnas Perancis untuk Piala Dunia Rusia terbukan lebar.

Daftar Lengkap Nominasi Penghargaan Ligue 1:

Pemain Terbaik: Edinson Cavani, Kylian Mbappe, Neymar (semua PSG), Florian Thauvin (Marseille)

Pelatih Terbaik: Olivier Dall’Oglio (Dijon), Unai Emery (PSG), Rudi Garcia (Marseille), Leonardo Jardim (Monaco)

Kiper Terbaik: Alphonse Areola (PSG), Benjamin Lecomte (Montpellier), Anthony Lopes (Lyon), Steve Mandanda (Marseille)\

Harapan Terbaik: Houssem Aouar (Lyon), Malcom (Bordeaux), Tanguy Ndombele (Lyon), Kylian Mbappe (PSG)

Pemain Perancis Terbaik di Luar Negeri: Karim Benzema (Real Madrid), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), N’Golo Kante (Chelsea), Samuel Umtiti (Barcelona)