Misi Barca Mencatat Serial 38 Laga Tak Terkalahkan

Selebrasi pemain Barcelona. Foto: Official Twitter Barcelona

Barcelona akan menjamu Leganes di jornada 31 La Liga. Tim asal Catalan ini memiliki kesempatan untuk menyamai rekor 38 tahun lalu yang ditorehkan oleh Real Sociedad. Catatan itu adalah laju kemenangan tak terkalahkan di Liga Spanyol.

Akhir pekan kemarin, Barcelona ditahan imbang 2-2 lawan Sevilla. Hasil imbang itu membawa Barca selangkah lagi menyamai rekor Real Sociedad yanga tak pernah menelan kekalahan dalam 38 laga.  Saat itu Real Sociedad merangkai 22 kemenang dan 16 hasil imbang.

Walau mencatat sejarah, Real Sociedad ternyata bukan tim yang menjadi juara La Liga. Mereka kalah dalam dua laga terakhir di La Liga. Sebagai juaranya adalah Real Madrid.

Menjelang bentrokan lawan Leganes pada Minggu (8/4/2018) dini hari, pelatih Barcelona Ernesto Valverde enggan memikirkan rekor itu. Namun yang jelas, ia bersama timnya siap melakoni laga tersebut.

“Kami tidak benar-benar memilikinya di kepala kami. Kami ingat dalam momen itu dan mereka figure penting. Namun kami siap untuk menngukir prestasi itu.  Ini adalah rekor yang sudah lama ada sehingga sulit untuk mencocokkannya, jelas, tetapi kami memiliki kesempatan untuk melakukannya, “ ujar Valverde dilansir Soccerway.

Barcelona sejauh ini berada di peringkat pertama klasemen sementara dengan raihan 76 poin. La Liga menyisakan tujuh laga, Barca terpaut sembilan poin dengan  Atletico di peringkat kedua. Atletico Madrid menjalani laga sulit dalam derby Madrid. Kesempatan itu harus dimaksimalkan Barcelona yang tak ingin terkejar poinnya.

Melawan Leganes, Ernesto Valverde masih ragu-ragu mengistirahatkan Lionel Messi. Meskipun pemain berkebangsaan Argentina ini belum fit benar akibat cedera hamstring pada akhir bulan lalu. Pada laga terakhir, Valverde memasang Lionel Messi dalam starting XI melawan AS Roma. Tiga hari sebelumnya, Valvede memilih membangkucadangkan Lionel Messi.

“Kami akan melihat (kondisinya). Dia bermain pada hari yang lain [melawan Roma], dan melawan Sevilla dia diistirahatkan untuk bagian dari permainan. Dia memiliki beberapa masalah dan tidak bermain dengan tim nasional. Dia pemain yang ingin aktif karena dia yang terbaik, tetapi kami harus berbicara setelah latihan, “ kata dia.