Pembelaan Pelatih Barca yang Tetap Memainkan Messi Meski Cedera

Lionel Messi menjadi bintang lapangan dalam kemenangan Barcelona lawan Leganes, Minggu (8/4/2018) dini hari. Messi yang kebugarannya diragukan, tetap dipasang pelatih Barcelona Ernesto Valverde dalam starting XI. Valverde memiliki alasan tersendiri mengapa dia tetap memainkan Messi meski dibayang-bayangi cedera.

Lionel Messi mengalami cedera hamstring semenjak uji coba internasional akhir Maret lalu. Pada akhir pekan kemarin, Messi memulai laga dari bangku cadangan saat lawan Sevilla. Pemain berkebangsaan Argentina ini pun menjadi penyelamat Barca dalam hasil imbang 2-2.

Tiga hari setelahnya, Barcelona menjamu AS Roma dalam leg 1 perempatfinal Liga Champions. Lionel Messi dipasang dalam XI.  Walau Messi tak mencetak gol, Barcelona menang 4-1 atas AS Roma. Lantas pada akhir pekan ini, Valverde memutuskan untuk tidak mengistirahatkan pemain bintangnya itu saat melawan Leganes. Messi lagi-lagi menyumbang tiga gol dalam kemenangan 3-1 atas Leganes.

“Kami pikir dia baik-baik saja dan mencetak gol selalu membantu segalanya. Dia harus aktif, tapi dia baik-baik saja, “ jelas Valverde dilansir Soccerway.

Valverde memberikan pujian kepada Ousmane Dembele. Ia meyakini bahwa pemain berkebangsaan Perancis ini  tidak hanya membuat perbedaan secara ofensif tetapi juga memiliki kualitas dalam bertahan.

“Aku suka cara dia menyerang dalam permainan ini. Dia telah terlibat dalam aspek itu, yang mana saya pikir dia memiliki lebih banyak ruang untuk perbaikan. Kami tahu dia memiliki bakat, tetapi dia harus bekerja pada hal-hal lain.”

Kemenangan Barca atas Leganes melihat mereka menyamai rekor Real Sociedad dari 38 pertandingan Liga Spanyol tanpa kekalahan. Catatan tanpa kekalahan ini sudah dimulai sejak April 2017.