Potensi Barca Memenangi Trofi La Liga Tanpa Catatan Kekalahan

Lionel Messi merayakan golnya saat melawan Chelsea. Foto: Twitter Barcelona

Barcelona mencetak laju 39 tak terkalahan di La Liga setelah menaklukkan Valencia 2-1. Walau timnya membuat catatan bagus, pelatih Barcelona, Ernesto Valvede menilai bahwa saat ini bukan saat yang tepat berbicara tentang rekor mengingat mereka baru saja tersingkir dari Liga Champions.

Hingga pekan ke-32, Barcelona memiliki 82 poin. Lionel Messi dkk mencetak 25 kemenangan dan sisanya berakhir imbang. Kemenangan ini memperlebar jarak dengan Atletico Madrid yang baru akan bertanding pada Minggu (15/4/2018).  Jika Atletico menang maka jarak kedua tim terpangkas menjadi 11 poin.

La Liga menyisakan enam laga. Barcelona memiliki potensi untuk menjuarai trofi sebelum liga rampung. Mereka juga memiliki potensi untuk memenangkan trofi tanpa catatan kekalahan seperti yang pernah dilakukan Arsenal pada musim 2003/2004.

Secara hitung-hitungan, jika Atletico pada Minggu ini maka Barcelona membutuhkan tiga kemenangan lagi. Sesuai jadwal, tim asal Catalan ini mendapat lawan Celta Vigo, Sevilla dan Deportivo La Coruna. Semua pertandingan itu merupakan laga tandang.

Seandainya Atletico kalah, maka Barcelona cukup merampungkan dua laga ini agar bisa menyegel trofi secepatnya. Mereka bisa menyegel trofi di hadapan pendukung Sevilla. Tapi dengan catatan, Barca memenangi laga melawan Celta Vigo.

Bagi pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, catatan 39 laga tak terkalahkan ini bukan hal mengejutkan. Ia melihat kemenangan ini dari sisi lain. Kemenangan ini adalah kemenangan penting setelah kekalahan menyakitkan lawan AS Roma di Liga Champions tengah pekan ini.

“Ini bukan waktu untuk memikirkan catatan. Itu tidak begitu penting. Yang lebih penting adalah kami bangkit setelah satu minggu yang sulit. Adapun catatan, itu normal bahwa para pemain ini terus memecahkan rekor. Itu adalah kemenangan yang fundamental dalam banyak hal. Kami membutuhkan 10 poin untuk memenangkan liga dan sekarang tujuh dengan hanya 18 poin untuk dimainkan, “ jelasnya dilansir Soccerway.