Unai Emery Meninggalkan PSG di Akhir Musim

Unai Emery (tengah) melakukan selebrasi bersama oficial tim PSG. Foto: Official Twitter Unai Emery

Rumor kepergian Pelatih Paris Saint Germain (PSG), Unai Emery akhirnya menemui titik terang.  Unai Emery mengumumkan bahwa dirinya akan meninggalkan Paris di akhir musim ini.

Emery bergabung dengan PSG  pada Juni 2016 setelah memimpin Sevilla meraih tiga kemenangan Europa League berturut-turut. Keberhasilan Emery di level Eropa, telah menggoda PSG untuk menggaetnya. Harapannya Emery bisa membawa PSG melaju jauh ke final atau jura Liga Champions.

Perjuangannya untuk membawa PSG naik level di panggung Eropa tak membuahkan hasil. Pada Liga Champions setahun lalu, PSG menjadi korban comeback Barcelona di babak 16 Besar. PSG kembali mentok di babak 16 Besar pada Liga Champions edisi tahun ini. Kali ini yang menyingkirkannya adalah Real Madrid.

Kekalahan PSG dari Real Madrid menjadi sinyal  bahwa peluang Emery untuk bertahan di PSG sangat kecil. Walaupun timnya memenangkan persaingkan Ligue 1 pada awal bulan.Spekulasi yang menyatakan bahwa ia akan dipecat telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Mantan bos Borussia Dortmund Thomas Tuchel disebut-sebut menjadi penggantinya.

Tetapi Emery memilih untuk pergi dengan caranya sendiri. Ia berbicara dalam konferensi pers menjelang pertandingan PSG dengan Guingamp pada hari Minggu (29/4/2018). Emery mengatakan bahwa dirinya sudah mengkomunikasikannya kepergiannya kepada para pemain.

“Saya berterima kasih kepada Presiden Nasser Al-Khelaifi, direktur olahraga Antero Henrique, para pendukung dan para pemain selama dua musim terakhir ini. Saya pergi dengan hormat dan setelah pertemuan satu jam antara tiga teman yang melakukan hal-hal baik bersama. Ini yang terbaik untuk semua orang. Aku ingin pergi dari sini dengan semangat ini, “ kata Emery dilansir Soccerway.

Pembelian Neymar yang mencatat rekor pemain termahal menjadi tanda keseriusan klub untuk naik level di Eropa.  Namun debut Neymar di PSG tidak berjalan mudah. Neymar sendiri sudah tak bermain sejak akhir Februari lalu karena cedera metatarsal.

“Musim pertama Neymar tidak mudah. Tapi saya percaya padanya di sini di PSG di masa depan. Dia sekarang harus memikirkan Piala Dunia, “ ujar pelatih berkebangsaan Spanyol ini.