Berkat 34 Gol dalam Semusim, Lionel Sukses Melampaui Ronaldo dalam Trofi Individu Ini

Lionel Messi (via @fcbarcelona)

Lionel Messi telah memenangkan Sepatu Emas Eropa  musim ini.  Raihan itu membuat sang mega bintang sukses untuk memecahkan rekor kelima kalinya merebut Sepatu Emas Eropa.

Pemain berusia 30 tahun itu datang sebagai pemain pengganti pada babak kedua saat Barcelona menang 1-0 atas Real Sociedad Senin (21/5/2018). Kemenangan Barca bukan berasal dari gol Messi, namun Philipe Coutinho. Meski demikian, 34 gol yang dibuatnya dalam semusim di Liga Spanyol sukses membuatnya meraih Sepatu Emas Eropa.

Sepatu Emas diberikan kepada pencetak gol tertinggi di liga domestik Eropa. Catatan gol Messi m musim ini lebih banyak dua gol dari Liverpool Mohamed Salah dan empat di atas Harry Kane dari Tottenham Hotspur di klasemen akhir.

Torehan Sepatu Emas Eropa milik Messi sebelumnya sama  dengan Cristiano Ronaldo, yang telah memenanginya sebanyak empat kali. Namun, kini Messi berada yang terdepan untuk perolehan Sepatu Emas Eropa. Ia mengklaim trofi untuk kelima kalinya dalam sembilan musim terakhir.

Messi juga memenangkan penghargaan pada 2009/2010, 2011/2012, 2012/2013 dan 2016/2017. Pemain berkebangsaan Argentina ini juga tercatat pernah memenangkan Sepatu Emas Eropa dalam tiga musim terakhi,  rekor untuk klub manapun.