Eks Pelatih PSG Calon Terkuat Gantikan Arsene Wenger di Arsenal

Unai Emery (tengah) melakukan selebrasi bersama oficial tim PSG. Foto: Official Twitter Unai Emery

Arsenal masih mencari pelatih baru untuk menggantikan Arsene Wenger yang sudah 22 tahun mengabdi untuk Arsenal. Kabar terakhir menyebutkan bahwa mantan pelatih Paris Saint Germain (PSG), Unai Emery segera ditetapkan sebagai manajer baru Arsenal.

Mantan bos Barcelona Luis Enrique dan pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, pada awalnya dianggap sebagai kandidat utama untuk menggantikan Arsene Wenger. Mantan pemain Arsenal Mikel Arteta, anggota staf pelatih Pep Guardiola di Manchester City juga muncul menjadi calon suksesor Wenger.

Namun, menurut pers Inggris, pelatih asal Spanyol tampaknya telah memenangkan perlombaan untuk menggantikan Arsene Wenger. Proses penunjukan Unai Emery diperkirakan akan diselesaikan minggu ini. Emery di PSG  selama dua musim.

Ia sukses memberikan satu gelar Ligue 1, dua trofi Coupe de France dan dua kemenangan Coupe de la Ligue. Namun pelatih  berusia 46 tahun itu gagal mengakhiri penantian klub untuk kesuksesan Liga Champions.  Emery juga diyakini memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan superstar  Neymar.

Sebelum bersama PSG, Unai Emery menikmati keberhasilannya di Liga Europa saat bersama Sevilla. Ia  memenangkan kompetisi Liga Europa dalam tiga musim berturut-turut dari 2014 hingga 2016.

Manajer Arsenal berikutnya akan dibebankan dengan mencoba untuk mengembalikan tim ke kualifikasi Liga Champions  dan gelar Liga Premier. Dalam dua musim terakhir ini The Gunners gagal mencapai dua hal tersebut dan mengakhiri musim tanpa gelar.

Arsenal belum memenangkan gelar Liga Premier sejak 2003/2004. Arsenal menghadapi tugas berat  agar bisa menutup celah dengan Manchester City, Manchester United dan Liverpool, serta rival London Chelsea dan Tottenham.