Emery: Melatih di Arsenal Serasa Mimpi Jadi Kenyataan

Unai Emery berpose saat diresmikan menjadi pelatih baru Arsenal. Foto: Official Twitter Arsenal

Arsenal memiliki manajer baru, Unai Emery. Mantan pelatih Paris Saint Germain ini mengatakan tantangan untuk mengembalikan status Arsenal sebagai kekuatan utama dalam sepakbola Inggris dan Eropa adalah mimpi yang menjadi kenyataan.

Emery dikonfirmasi sebagai pelatih kepala di Stadion Emirates pada hari Rabu (23/5/2018). Ia akan memulai era baru The Gunners setelah Arsene Wenger 22 tahun bertugas.

The Gunners tertatih-tatih finis di tempat keenam di Liga Premier musim lalu. Mereka kembali kehilangan peluang bermain di sepak bola Liga Champions. Pelatih yang telah memenangkan treble domestik di Perancis bersama Paris Saint-Germain mengaku tertantang dengan tempat barunya.

“Ini adalah tantangan besar dalam karier saya, setiap tahun saya tumbuh dengan tantangan baru. Bagi saya, tantangannya adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Ini adalah tantangan besar bagi saya, tetapi saya juga bekerja dengan proyek-proyek besar lainnya. Bagi saya, saya bangga berada di sini dan bekerja setelah Arsene Wenger, “ kata dia.

Kepala Eksekutif Arsenal Ivan Gazidis menjelaskan bagaimana Emery bisa menjadi pelatih Arsenal. Emery adalah salah satu dari delapan calon yang diwawancarai pada 25 April hingga 15 Mei. Wawancara Emery pada 10 Mei. Panel yang terdiri dari Gazidis, kepala perekrutan Sven Mislintat dan  Raul Sanllehi memutuskan Emery adalah sosok tepat pengganti Wenger.

“Kami memiliki beberapa kriteria yang jelas, Yang pertama adalah sepakbola progresif, menghibur, kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai Arsenal dan juga catatan pemain berkembang – khususnya pemain muda – melalui instruksi taktis yang jelas dan detil, “ jelas Gazidis dilansir Soccerway.