Fakta di Balik Laga Dramatis Inter Menyegel Tiket Liga Champions

Aksi pemain Inter Milan, Mauro Icardi. Foto: Official Twitter Inter Milan

Inter mengamankan kualifikasi Liga Champions dengan cara paling dramatis saat pasukan asuhan Luciano Spalletti bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan 10 pemain Lazio. Inter Milan menang 3-2 di pekan terakhir Liga Italia Serie A musim 2017/2018.

Lazio menjamu Inter Milan di Olimpico, Senin (21/5/2018) dini hari. Lazio sebenarnya memiliki tugas yang lebih mudah sebagai tuan rumah. Mereka hanya butuh imbang agar bisa lolos ke Liga Champions.

Inter Milan yang bertindak sebagai tim tamu tak ingin menyerah begitu saja. Pertandingan berjalan sangat panas. Bahkan sampai-sampai wasit mengeluarkan sepuluh kartu kuning dan dua kartu merah dalam pertandingan ini.

Lazio unggul di menit 9 lewat gol bunuh diri Perisic. Tapi pada menit 29, Danilo D’Ambrosio sukses menyamakan skor menjadi 1-1 lewat sepak pojok. Lazio berbalik memimpin lewat skema serangan balik yang diciptakan oleh Felipe Anderson pada menit 41. Hingga turun minum, Lazio unggul 2-1.

Inter Milan sukses menyamakan gol menjadi 2-2. Kali ini gol datang dari penalti setelah Stefan de Vrij melanggar Icardi. Pemain berkebangsaan Argentina ini sendiri yang mengeksekusi penalti. Dan ia sukses menjalankan tugasnya.

Selang dua menit, kapten Lazio Senad Lulic mendapat kartu kuning kedua. Inter Milan memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Gol kemenangan lahir dari Matias Vecino pada menit 81. Hingga peluit akhir tanda pertandingan selesai tak ada tambahan gol lagi. Inter Milan menang 3-2.

Kemenangan ini membawa Nerrazzuri lolos ke Liga Champions musim depan. Inter Milan memiliki 72 poin dan menempati posisi keempat. Poin yang dimiliki Inter dan Lazio hingga musim berakhir sejatinya sama. Perlu dicatat Liga Italia Serie A tak mengenal selisih gol, namun head  to head. Pada pertemuan Inter dan Lazio sebelumnya berakhir imbang. Praktis Inter lebih unggul head to head disbanding Lazio.

Inter menyusul Juventus, Napoli dan AS roma yang lebih dulu memperoleh tiket Liga Champions. Sementara itu Lazio dan AC Milan yang akan  berlaga di Liga Europa.

Keberhasilan Inter Milan ke Liga Champions diiringi dengan sejumlah catatan penting. Berikut catatan itu seperti dikumpulkan Opta dan dilansir Soccerwy

– Inter lolos ke Liga Champions berikutnya; ini pertama kalinya bagi Nerazzurri sejak 2011/2012.

– Inter telah memenangkan tiga laga tandang terakhir, sebanyak 12 pertandingan sebelumnya.

– Lazio hanya meraih dua poin dalam tiga pertandingan liga terakhir, setelah mereka memenangkan lima dari enam pertandingan sebelumnya (1 imbang).

– Danilo D’Ambrosio telah mencetak sembilan dari 11 golnya di Serie A dari situasi pojok.