Fakta Penting di Balik Kekalahan Pertama Barcelona Musim Ini

Pemain Barcelona melakukan selebrasi saat menjebol gawang Valencia. Foto: Twitter Barcelona

Upaya Barcelona untuk menyelesaikan LaLiga sebagai juara tak terkalahkan di 2017/2018 akhirnya gagal total setelah menerima kekalahan pertama di musim ini. Barca kalah dramatis 5-4 saat melawan Levante.

Barcelona tandang ke Stadion Ciudad de Valencia, Senin (14/5/2018). Tim asal Catalan ini hanya membutuhkan dua pertandingan lagi untuk mencatat sejarah menjadi juara tanpa kekalahan. Namun dengan tidak adanya Messi dalam laga, Barcelona jatuh dalam kekalahan.

Tim asuhan Ernesto Valverde ini sudah tertinggal dua gol hingga menit 30. Philippe Coutinho menghidupkan asa lewat golnya di menit 38. Hingga turun minum laga berakhir dengan skor 2-1.

Memulai babak kedua, Levante langsung tancap gas. Bahkan mereka langsung unggul menjadi 5-1. Enis Bardhi mencetak gol di menit 46 kemudian disusuk Bardi di menit 49 dan 56.

Philippe Coutinho kembali menambah gelontoran golnya pada menit 59 dan 64. Penaltin Luis Suarez menit 71 menjadikan Barcelona cuma tertinggal 4-5. Sayang gol Suarez itu menjadi gol terakhir pada pertandingan ini. Barca pun kalah 4-5.

Dengan kekalahan itu, Barca pun gagal menjadi juara yang terkalahkan dalam satu musim. Ada beberapa catatan yang mengiringi kegagalan Barca. Berikut catatan itu seperti dikumpulkan dari Opta dan dilansir dari Soccerway.

400 – Kekalah terakhir Barca di LaLiga datang 400 hari yang lalu pada 8 April 2017 ketika mereka kalah 2-0 di Malaga.

43 – Kekalahan di Levante mengakhiri rekor LaLiga Barcelona tak terkalahkan

2003 – Terakhir kali Blaugrana membukukan lima gol dalam pertandingan liga saat lawan Malaga dengan kemenangan 5-1.

2005 – Striker Levante,  Boateng adalah pemain pertama yang mencetak hat-trick melawan Barca di LaLiga sejak Diego Forlan untuk Villarreal pada Mei 2005.

1950 – Terakhir kali Barcelona mencetak empat gol dan kalah dalam kontes di divisi teratas adalah  September 1950. Saat itu mereka dikalahkan Atletico Madrid dengan skor i6-4.

4 – Boateng adalah pemain keempat yang mencetak gol melawan Barca dan Real Madrid di LaLiga musim ini setelah Portu, Gerard Moreno dan Maxi Gomez.

1 – Coutinho adalah pemain pertama yang mencetak hat-trick untuk Barcelona dan finis dengan kekalahan di abad ke-21.

 

5 – Marc-Andre ter Stegen kebobolan lima gol dalam satu pertandingan teratas untuk pertama kalinya dalam kariernya di Bundesliga dan LaLiga.