FIFA Usulkan Piala Dunia Mini Digelar Setiap Dua Tahun Mulai 2021

Didier Drogba saat bersama dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. Foto: Twitter FIFA

Presiden FIFA, Gianni Infantino dilaporkan mengusulkan Piala Dunia Mini yang digelar setiap dua tahun. Piala Dunia yang berisi delapan tim ini akan tetap berdampingan dengan turnamen sebelumnya seperti Piala Eropa.

Reuters melaporkan bahwa Gianni Infantino menyarankan Piala Dunia Mini akan berlangsung setiap Oktober dan  atau November. Mengutip Football Italia, gelaran ini akan dimulai dari 2021.

Kelompok investor yang serius bersedian menghabiskan 21 miliar euro untuk menggelar kompetisi dan perubahan yang diusulkan untuk Piala Dunia Antarklub. Perubahan ini akan mulai digelar pada tahun 2021 dengan peserta 24 tim.

Piala Konfederasi yang biasanya digelar setahun sebelum Piala Dunia akan dihapus. Piala Konfederasi akan diganti dengan Piala Dunia Mini, yang akan berjalan paralel dengan turnamen internasional yang ada. Reuters menyatakan bahwa FIFA tidak bisa segera dihubungi untuk dimintai komentar tentang usulan itu.

FIFA di bawah Gianni Infantino telah melakukan serangkaian perubahan. Salah satunya perubahan jumlah peserta Piala Dunia mulai tahun 2026. Jumlah peserta Piala Dunia bertambah dari 32 tim menjadi 48.  Langkah FIFA ini mengundang kritik dari beberapa kalangan.