Gennaro Gattuso: Final Copa Italia Sama Berharganya dengan Piala Dunia

Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso saat menjalani jumpa pers. Foto: Official Tim AC Milan.

Keputusasaan AC Milan untuk merebut kembali kejayaan mereka membuat final Coppa Italia sama pentingnya dengan Piala Dunia. Pernyataan itu dilontarkan pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso menjelang final Copa Italia pada Kamis (10/3/2018)

Juara Eropa tujuh kali ini hanya memenangkan satu trofi sejak 2011. Trofi ini adalah Supercoppa Italiana melawan Juventus di Doha pada 2016. Mereka memiliki kesempatan untuk menambah trofi itu dalam final Copa Italia melawan Juventus yang digelar di Stadion Olimpico.

Gattuso, yang menggantikan Vincenzo Montella pada bulan November lalu  mempertanyakan kekuatan mental para pemainnya. Oleh sebab itu ia meminta timnya  untuk memahami kebutuhan untuk mengembalikan budaya kemenangan.

“Ini seperti Piala Dunia untuk antusiasme kami, antusiasme para fans dan keinginan mereka untuk kembali mengangkat trofi lagi.  Kamu bisa merasakannya. Mempertimbangkan tim yang kita punya, kita hanya perlu percikan untuk menyalakan kembang api.  Ini adalah pertandingan terpenting dalam karier kepelatihan saya. Ada beberapa kekecewaan, tetapi kami berharap ini bisa memuaskan, “ kata Gattuso dilansir Football Italia.

Bentrokan itu juga memberi peluang bagi Leonardo Bonucci untuk membalas kekalahan dari mantan klubnya ini.  AC Milan kalah dalam dua pertemuan di Liga Italia Serie A musim ini. Kapten Rossoneri menyambut intensitas Gattuso dan membandingkannya dengan bos Juve, Massimiliano Allegri.

“Ia memenangkan semuanya sebagai pemain dan saya beruntung memiliki dia sebagai pelatih saya. Dia dan Allegri memang memiliki kesamaan. Mereka tahu bagaimana mengelola ruang ganti dan mereka mendapatkan yang terbaik dari pemain mereka. Saya pikir saya tidak perlu membuat pidato karena skuadnya bersemangat, “ ucap dia.