Guyonan Klopp Tentang Liverpool, Final Liga Champions dan Mesin Pencari

Pemain Liverpool melakukan selebrasi. Foto: Official Twitter Liverpool

Liverpool bersua Real Madrid dalam final Liga Champions, Sabtu (26/5/2018). Manajer Liverpool Jurgen Klopp meredakan ketegangan menjelang final dengan melemparkan guyonan.  Ia bergurau bahwa Liverpool akan menjadi hasil teratas dalam mesin pencarian Google untuk istilah pencarian European Night.

Liverpool berupaya mengalahkan Real Madrid untuk menambah jumlah trofi Liga Champions-nya. The Reds sukses melaju ke final Liga Champions setelah mengalahkan salah satu tim yang difavoritkan juara Liga Champions musim ini, Manchester City di perempatfinal. Kemudian mengalahkan AS Roma di semifinal.

“Malam-malam Eropa istimewa. Saya pikir jika Anda melihat Wikipedia atau Google ‘malam Eropa’, jawabannya pasti Anfield. Ini benar-benar keren menjadi bagian dari itu, “ guyon Klopp kepada awak media dilansir dari Uefa.

Liverpool tidak diragukan lagi masuk ke final sebagai underdog melawan sisi Madrid yang berusaha untuk memenangkan gelar Liga Champions ketiga secara beurutan. Meski demikian, Klopp enggan untuk menempatkan label underdog dan percaya penuh semangat bahwa timnya bisa menandingi timnya Zinedine Zidane yang memiliki pengalaman berlaga di Liga Champions.

“Mereka lebih berpengalaman. Itu fakta. Pengalaman sangat penting dalam kehidupan, tetapi bukan satu-satunya hal yang penting dalam hidup. Ada beberapa hal lain. Terutama di sepakbola. Saya tahu itu, “ jelas eks pelatih Borussia Dortmund ini.

Lolos ke final, Klopp menganggap sebagai sebuah keuntungan untuk mencari pengalaman. Ia bersikukuh bahwa pengalaman bukan satu-satunya hal yang paling menentukan, apalagi dalam sepakbola.

“Kami memiliki pengalaman kami sendiri. Kami tidak memiliki pengalaman positif untuk memenangkan dua pertandingan terakhir tetapi kami membuat pengalaman kami sendiri. Itu bagus juga. Tapi itu masih sepakbola dan kami punya kesempatan dan itulah mengapa saya pikir mari kita coba, “ ujar dia.

“Mari kita pergi ke sana dan mencoba untuk tampil pada level yang mungkin orang-orang akan katakan tidak mungkin bagi kita. Tapi itu mungkin. Itulah yang harus kita lakukan. Kami telah melakukan semua hal yang kami butuhkan dalam permainan itu selama musim ini. Sekarang kami harus melakukannya lagi melawan tim yang sangat kuat, “ lanjutnya.