Jepang dan Qatar Ikut Berkompetisi di Copa America 2019

Foto: Wikimedia

Tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatarakan tampil bersama Brazil dan Argentina dalam Copa America 2019. Sementara Jepang juga diundang untuk ambil bagian untuk pertama kalinya sejak 1999, ketika mereka tidak lolos dari babak penyisihan grup.

Awalnya, Copa 2019 diperkirakan akan diikuti oleh 16 negara. Jumlah yang sama seperti pada edisi sebelumnya, dengan Portugal dan Spanyol dilaporkan dalam pembicaraan mengambil bagian. Tapi CONMEBOL mengumumkan bahwa turnamen ini diikuti 12 tim.  CONMEBOL belum memberikan rincian resminya.

“[Ini] akan menjadi kompetisi yang menarik, di mana siapa pun dapat mengambil gelar. Selain partisipasi tim nasional dari 10 anggota asosiasi kami, kami menyambut kembali pemilihan Jepang, dengan asosiasi siapa kami disatukan oleh ikatan persahabatan yang erat. Dan untuk pertama kalinya, Qatar ikut berpartisipasi,” kata presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez.

Chili telah memenangkan dua edisi terakhir Copa America. Alexis Sanchez dkk mengalahkan Argentina melalui adu penalti di final 2015 dan 2016.