Man City Bergelimang Rekor, Ini Kado Klub Untuk Pep Guardiola

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Foto: Twitter Manchester City

Gol Gabriel Jesus di menit akhir saat melawan Southampton pada laga pamungkas Premier League musim ini sukses membawa Man City menutup musimnya secara fantastis. Klub pun memberikan penghargaan kepada pelatih kepala Pep Guardiola dengan dua perpanjangan kontrak tahun.

Pelatih asal Catalan ini  melompat ke lapangan dengan penuh sukacita pada hari Minggu (13/5/2018). Ia  bergabung dengan seluruh penggawa Man City untuk melakukan selebrasi setelah menjadi tim pertama dalam Premier League yang finis mencapi 100 poin dalam satu musim.

Tak hanya itu, Man City juga sukses memecahkan rekor lainnya. Torehan yang positif ini membuat sang pelatih diganjar perpanjangan kontrak dua tahun. Pep Guardiola akan tetap di Etihad Stadium hingga tahun 2021.

Berikut catatan rekor yang mengiringi kado Guardiola dari klub seperti dikumpulkan Opta dan dilansir Soccerway.

100 – City melewati Premier League yang sebelumnya dipegang Chelsea dengan torehan 95 poin.

100 – Guardiola memenangkan enam gelar liga sebelumnya bersama di Barcelona dan Bayern Munich. Namun baru kali ini ia mencapai 100 poin dalam satu musim untuk pertama kalinya dalam kariernya . Poin itu melampaui catatan yang pernah diraihnya bersama Barca pada 2009/2010 yakni 99 poin.

32 – Tidak ada tim Inggris yang memenangkan lebih banyak pertandingan di musim kompetisi musim ini daripada City musim ini. Kekalahan ke Liverpool dan Manchester United dan hasil imbang melawan Everton, Crystal Palace, Burnley dan Huddersfield Town adalah satu-satunya noda dalam laju positif mereka.

18 – Dimulai dengan kemenangan 2-1 di Bournemouth pada 26 Agustus dan disimpulkan dengan kemenangan 1-0 di Newcastle pada tanggal 27 Desember, City menetapkan diri sebagai klub Liga Premier terbaik dari 18 kemenangan beruntun.

106 – Gol Gabriel Jesus mengakhiri musim tim paling produktif dalam sejarah Liga Primer.

5 – Man City memenangkan Liga Premier dengan lima pertandingan tersisa, menyamai rekor yang juga diraih oleh Manchester United (1907/1908 dan 2000/2001) dan Everton (1984/1985).

1 – Guardiola adalah manajer Spanyol pertama yang memenangkan Liga Premier.

19 – Jarak antara tim yang menenpati posisi pertama dan kedua di klasemen akhir tidak pernah lebih besar dari selisih 19 poin antara Man City dan United pada musim ini

79 – Tidak ada klub di Premier League yang pernah memiliki selisih gol yang lebih besar dibandingkan Man City, 79 gol.