Mungkinkah Buffon Mengumumkan Pensiun Hari Ini?

Gianluigi Buffon akan segera membuat pengumuman tentang masa depannya pada hari ini, Kamis (17/5/2018). Juventus pun takut jika kiper andalannya itu menyatakan pensiun.

Kiper Juventus dan Timnas Italia akan  mengungkapkan rencana masa depannya di tengah spekulasi bahwa pemilik 176 caps internasional itu akan pensiun. Buffon sebelumnya mengatakan dia akan meninggalkan sepakbola pada akhir musim, kecuali Juve memenangkan Liga Champions dan dia memiliki kesempatan bermain di Piala Dunia Rusia.

Juve secara dramatis tersingkir dari Liga Champions di perempat final. Mesk demikian Buffon merayakan kemenangan Serie A dan Coppa Italia pekan lalu. Itu menjadi Scudetto ketujuhnya secara berurutan dan trofi Coppa Italia keempatnya dalam empat musim terakhir.

Membahas prospek kehidupan setelah sepak bola, Buffon mengatakan kepada bek Barcelona Gerard Pique dalam wawancara dengan The Players Tribune. Menurutnya bukan keputusan mudah untuk memutuskan pensiun.

“Jujur saya takut. Tetapi jauh di lubuk hati saya merasa tenang dan damai karena saya tahu saya secara alami ingin tahu. Dan pada hari saya berhenti bermain sepak bola, saya akan menemukan cara untuk tidak bosan dan aku akan tetap sibuk, “ kata Buffon.

“Satu-satunya masalah adalah bahwa hidup saya telah diatur untuk saya selama 23 tahun. Setiap pagi Anda diberi jadwal. Tetapi ketika Anda memiliki 24 jam di depan Anda tanpa melakukan apa-apa, itu bisa menjadi masalah, “ lanjutnya.

Buffon telah menghabiskan kariernya di Italia. Sebelum membela Juventus mulai tahun 2001, Buffon sempat merumput di Parma. Lantas berminatkah Buffon bermain di luar negero?

“Saya ingin (bermain di luar negeri) karena saya suka berada di sekitar orang yang berbeda, cara hidup yang lain, berpikir. Ini terdengar menarik. Tetapi jauh di lubuk hati saya merasa sangat Italia. Saya tahu Italia memiliki keterbatasan, tetapi Italia  yang saya tahu membuat saya tersenyum dan saya menyukainya, “ ujarnya.