Pengakuan Messi Tentang Persaingannya dengan Ronaldo

Lionel Messi (via @fcbarcelona)

Lionel Messi menegaskan dia tidak bersaing dengan Cristiano Ronaldo untuk dianggap sebagai pemain terbaik dunia. Walaupun ia memandang bahwa kompetisi itu memberikannya motivasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Duo penyerang telah berbagi Ballon d’Or  sejak 2008. Mereka masing-masing memenangkan lima trrofi itu. Mereka  secara luas dianggap sebagai pemain terbaik di generasi mereka.

Banyak orang yang memperdebatkan tentang siapa yang harus dianggap sebagai pemain yang lebih baik. Bahkan Ronaldo  mengklaim pada bulan Desember, setelah memenangkan Ballon d’Or kelima, bahwa ia harus dilihat sebagai yang terbaik dalam sejarah.

Sementara itu Messi menang mengatakan dia tidak tertarik untuk diakui sebagai yang terbaik. Meski demikian menonton Ronaldo telah memberinya dorongan ekstra untuk sukses.

“Saya tidak bersaing dengan Cristiano.  Ini bukan tujuan untuk menjadi yang terbaik dalam sejarah. Saya berkompetisi untuk meningkatkan diri agar melampaui apa yang telah saya lakukan sebelumnya. Semakin banyak trofi yang saya menangkan di akhir musim, semakin baik, dan jelas (trofi) dengan tim nasional, yang masih belum memiliki,” katanya kepada TyC Sports.

Ronaldo adalah pemain yang sukses besar di Inggris dengan Manchester United sebelum bergabung dengan  Real Madrid pada tahun 2009. Sebelum bergabung dengan Man United, Ronaldo memulai kariernya bersama Sporting CP.

Sementara itu seluruh kehidupan profesional Messi telah dihabiskan di Camp Nou. Namun, Messi tidak berpikir ia harus pindah ke liga lain sebelum pensiun untuk memberikan pembuktian atas keraguaan banyak orang tentang Messi untuk bermain di Liga Inggris ataupun liga domestik lainnya.

“Saya tidak perlu pergi ke tim lain untuk menunjukkan sesuatu kepada siapa pun. Anda melihat liga lain, tetapi pada saat memutuskan, sangat sulit untuk meninggalkan Barcelona, “ kata dia.

Barca mengambil kembali gelar Liga dari Madrid musim ini. Sementara tim besutan Zinedine Zidane berjuang untuk konsistensi sepanjang musim domestik. Madrid juga lolos ke final Liga Champions setelah mengalahkan Juventus dan Bayern Munchen.

“Itu sesuatu yang mereka miliki. Bermain buruk, mereka menang, dan terkadang itu sedikit merugikan kami. Kami harus jauh lebih unggul melawan mereka untuk menang, “ ujar Messi dilansir Soccerway.

Messi akan segera memulai persiapan Piala Dunia dengan Argentina. Ia ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dari yang mereka kelola empat tahun lalu, ketika mereka kalah di final Jerman.

Kekalahan itu semakin melukai Argentina setelah dalam dua edisi terakhir Copa America selalu kalah di final. Bahkan Messi sempat menyatakan pensiun dari karier internasionalnya. Walaupun ia kemudian merevisi keputusan itu dengan kembali ke Timnas Argentina pada masa kepelatihan Jorge Sampaoli.

“Setelah mengucapkan kata-kata, saya memikirkannya dengan kepala dingin dan menyadari bahwa meninggalkan tim nasional memberi pesan yang salah kepada anak-anak dan orang-orang yang berjuang untuk impian mereka. Faktanya kami adalah finalis dan tidak bisa menang adalah beban yang kami bawa. Kami ingin mengatasi penghalang itu, “ jelas Messi.