Serang Wasit, Buffon Menanti Sanksi UEFA

Aksi kiper Juventus, GIanluigi Buffon. Foto: Official Twitter Juventus

Gianluigi Buffon telah disanksi  oleh UEFA. Hukuman diberikan menyusul kartu merah yang didapatkannya pada saat melawan Real Madrid dalam perempatfinal Liga Champions akhir bulan lalu.

Juventus memiliki peluang untuk lolos ke babak semifinal setelah mengejar ketertinggalan skor 3-0 dari Real Madrid. Namun petaka untuk Juventus datang saat menit-menit akhir. Medhi Benatia terlihat melakukan pelanggaran terhadap Lucas Vazquez di kotak penalti.

Lantas Wasit Michael Oliver memberikan kado penalti kepada Real Madrid. Cristiano Ronaldo sukses melakukan tugasnya. Kedudukan berubah menjadi 3-1. Los Merengues lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 4-3.

Hukuman penalti itu membuat kiper Juventus melakukan protes yang berlebihan. Ia kemudian diberi kartu merah. Meski laga sudah usai, Buffon masih melancarkan serangan protes.

“Jelas Anda tidak bisa memiliki hati, tetapi tempat sampah. Selain itu, jika kamu tidak memiliki karakter untuk menjadi wasit dalam laga  seperti ini, kamu bisa duduk di tribun bersama istrimu, anak-anakmu, minum soda dan makan keripik, “ kata Buffon beberapa waktu lalu dilansir Soccerway.

Badan Kontrol, Etika, dan Disiplin UEFA akan memutuskan kasus Buffon pada 31 Mei. Otoritas tertinggi di Eropa ini menjatuhkan dua dakwaan kepadan Buffon, yakni tentang kartu merah dan pelanggaran dalam berperilaku.