5 Fakta Penting di Balik Hasil Seri Spanyol vs Portugal

skuar Timnas Spanyol melakukan selebrasi gol. Foto: Official FIFA.

Secara mengejutkan Portugal sukses mengimbangi Spanyol 3-3 dalam pertandingan grup B Piala Dunia, Sabtu (16/6/2018) dini hari. Menariknya lagi gol Portugal diborong oleh bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Ronaldo membuka skor di menit keempat. Ia sukses melakukan tugasnya menuntaskan kado penalti setelah dirinya dilanggar Nacho Fernandez. Spanyol menyamakan kedudukan lewat gol Atletico Madrid.

Ronaldo kembali membawa Portugal unggul di ujung babak pertama. Digeo Costa lagi-lagi berhasil menyamakan gol Portugal pada mebit 55. Bahkan Spanyol kembali unggul lewat gol Nacho Fernandez pada menit 58.

CR7 memang sedang dalam bentuk terbaiknya. Ia berhasil menyamakan skor dengan Spanyol melalui tembakan di luar kotak penalti pada menit 88.

Hasil ini tentu saja menjadi salah satu kejutan. Spanyol yang difavoritkan menjadi juara Piala Dunia seharusnya berhasil memenangi laga melawan Portugal. Berikut beebrapa fakta penting tentang hasil imbang ini menurut Opta seperti dilansir Soccerway.

– Spanyol kini hanya memenangkan pertandingan pembukaan Piala Dunia mereka hanya dalam kompetisi dari 13 turnamen terakhir mereka (imbang 4, kalah 7 – 2002, 2006).

– Cristiano Ronaldo Portugal menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak gol dalam delapan turnamen besar berturut-turut (Piala Dunia, Kejuaraan Eropa, dan Copa America).

– Cristiano Ronaldo adalah pemain keempat yang mencetak gol dalam empat turnamen Piala Dunia yang berbeda (2006, 2010, 2014 dan 2018) setelah Pele, Uwe Seeler dan Miroslav Klose.

– Spanyol kebobolan hanya setelah tiga menit dan 30 detik – itu adalah gol tercepat yang masuk ke gawamgnya di Piala Dunia.

– Pertandingan ini menghasilkan enam gol, lebih dari empat pertemuan sebelumnya antara Portugal dan Spanyol di kompetisi utama (Euro dan Piala Dunia).