Bertabur Pemain Bintang, Mengapa Inggris Kerap Gagal di Piala Dunia?

Pemain Inggris seusai laga. Foto: Offiicial Twitter Timnas Inggris

Pelatih Vicente del Bosque yang pernah membawa Spanyol juara PIala Dunia memberikan analisisnya tentang Inggris yang kerap kesulitan saat berlaga dalam kompetisi internasional. Menurutnya salah satu alasan utamanya adalah kurangnya pengembangan tim secara taktis.

Spanyol, seperti Inggris, berjuang untuk mengubah bakat mereka yang jelas menjadi hasil di panggung terbesar hingga Luis Aragones dalam memimpin Spanyol meraih kejayaan di Euro 2008.  Del Bosque kemudian melanjutkan era keemasan La Roja dengan memenangkan Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa berikutnya.

Mantan bos Real Madrid meyakni bahwa Inggris sama sekali tidak kekurangan pemain berbakat. Namun, ia menyarankan agar Inggris mengikuti Spanyol dalam menemukan gaya permainan terbaik dari tim.

“Saya yakin sangat emosional bagi mereka untuk bermain dengan tim nasional, tetapi mereka belum melakukan apa-apa dan Anda tidak bisa mengatakan mereka memiliki pemain yang buruk. Mereka memiliki pemain yang bagus. Saya tidak tahu tapi mungkin mereka belum berkembang secara taktis seperti yang dilakukan negara lain, “ kata dia dilansir Omnisport.

Inggris memang kerap terseok-seok di kompetisi internasiona. Pada kompetisi internasional terakhirnya, Piala Eropa, tim besutan Gareth Southgate yang mayoritas diisi darah muda hanya berakhir di babak 16 besar. Bahkan tim yang mengalahkan The Three Lion adalah Islandia, tim debutan di Piala Eropa.

“[Spanyol] selalu menjadi negara dengan banyaknya individu berbakat, sekarang kami bermain dengan sangat baik secara kolektif. Itu perbaikan untuk negara kami dibandingkan dengan negara lain, “ jelasnya.

Spanyol akan berusaha memperbaiki prestasinya di Piala Dunia Rusia. Lawan perdananya adalah juara Eropa, Portugal pada Sabtu (16/6/). Sementara Inggris melawan Tunisia dalam laga pembukanya di fase grup.