Jepang Sukses Ciptakan Tinta Emas di Piala Dunia

Shinji Kagawa dkk sukses meraih kemenangan atas Kolombia dengan skor 2-1 dalam laga perdana babak penyisihan Grup H Piala Dunia di Mordovia Arena, Selasa (19/6/2018).

Jepang juga sukses menorehkan sejarah baru. Mereka jadi negara Asia pertama yang bisa mengalahkan tim asal Amerika Selatan dalam putaran final Piala Dunia.

Bagi wakil Amerika Selatan, ini juga jadi episode baru dimana wakil Amerika Selatan tak bisa memenangkan pertandingan perdananya di Piala Dunia.

Kejadian serupa terakhir kali terjadi di tahun 1974. Kolombia bahkan harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-3.

Hal ini lantaran gelandang Kolombia, Carlos Sanchez harus diusir sang pengadil di menit ketiga, lantaran dengan sengaja menghalau bola dengan tangannya di kotak terlarang.

Bonus penalti juga dimaksimalkan oleh Shinji Kagawa ahar bisa berbuah gol. Kagawa sukses menjegal gawang Kolombia yang dijaga oleh David Ospina.

Kolombia sempat menyamakan skor melalui tendangan bebas Juan Quintero pada menit ke-38, sebelum akhirnya Yuya Osako memastikan Jepang meraih tiga poin perdananya di Piala dunia Ini, setelah sundulannya di menit ke-72.

Dengan hasil ini, Jepang untuk sementara memimpin klasemen Grup H dengan raihan tiga poin dan Kolombia berada di posisi juru kunci.

Entah karena alasan apa, ternyata pelatih Kolombia memilih untuk memarkir dulu James Rodriguez. Top scorer Piala Dunia 2014, James Rodriguez, baru masuk pada menit ke-59 untuk menggantikan Quintero.

Masuknya pemain Bayern Muenchen ini membuat daya serang Kolombia lebih bagus. Walaupun tetap disayangkan tak ada gol tercipta dari kakinya.

Susunan pemain:

KOLOMBIA: 1-David Ospina; 4-Santiago Arias, 23-Davinson Sanchez, 3-Oscar Murillo, 17-Johan Mojica; 6-Carlos Sanchez, 16-Jefferson Lerma, 11-Juan Cuadrado, 20-Juan Quintero (10-James Rodriguez 59′), 21-Jose Izquierdo (Carlos Bacca 70′); 9-Radamel Falcao

Pelatih: Jose Pekerman

JEPANG: 1-Eiji Kawashima; 5-Yuto Nagatomo, 3-Gen Shoji, 22-Maya Yoshida, 19-Hiroki Sakai; 14-Takashi Inui, 10-Shinji Kagawa (4-Keisuke Honda 70′), 8-Genki Haraguchi, 7-Gaku Shibasaki (Hotaru Yamaguchi 80′), 17-Makoto Hasebe; 15-Yuya Osako (Shinji Okazaki 85′)

Pelatih: Akira Nishino