Kalah Lawan Meksiko, Jerman Tak Akan Mengubah Line-up

laga Jerman melawan Meksiko di PIala Dunia 2018. Foto: FIFA PIala Dunia

Juara bertahan Jerman dipermalukan 0-1 atas Meksiko dalam laga pembukanya, Minggu (17/6/2018). Meski demikian, kiper Jerman Manuel Neuer meyakini Jerman perlu mengubah starting line up melawan Swedia dan Korea Selatan.

Gol Hirving Lozano sukses menaklukkan Jerman. Akibat kekalahan itu, Jerman menderita kekalahan di laga pembukanya sejak tahun 1982. Hasil itu  meningkatkan tekanan pada juara bertahan menjelang pertandingan melawan Swedia dan Korea Selatan.

Jerman melawan catatan buruk juara bertahan. Seperti diketahui dua juara dunia terakhir, Italia dan Spanyol  harus terhenti langkahnya di babak penyisihan grup. Dua tim ini gagal mempertahankan trofinya.

Tim besutan Joachim Low akan menghadapi Swedia pada Minggu (24/6/2018). Laga ini menjadi pertandingan hidup mati Jerman. Jika saja Jerman kalah, maka mereka terancam gagal mempertahankan trofinya.

Kiper Jerman, Manuel Neuer menyakini bahwa timnya akan merespons positif atas kekalahan lawan Meksiko. Oleh sebab itu timnya tidak perlu melakukan perubahan susunan pemain.

“Saya kira kami tidak perlu mengeluarkan satu atau dua pemain untuk mendatangkan pemain baru. Kami tidak berpikir tentang perubahan dalam skuad atau di tim tetapi kualitasnya ada di seluruh. Untuk beberapa pemain itu adalah turnamen pertama tetapi ada juga pemain yang sangat berpengalaman, “ jelasnya.

Jerman, seperti negara-negara lain di Piala Dunia, juga menyesuaikan dengan pengenalan VAR. Neuer mengakui itu berdampak pada skuad.

“Kami memiliki situasi baru dengan VAR dan hal-hal itu perlu dibahas juga. Anda harus menunggu untuk melihat bagaimana wasit memutuskan sesuatu dan akan ada sedikit jeda setelah itu,” tambah penjaga gawang yang memiliki 77 caps internasional.