Pemain Tertua di Piala Dunia: Kiper Bisa Selalu Jadi Korban

Penjaga gawang Timnas Mesir Essam El Hadary. Foto: Twitter Essam El Hadary

Penjaga gawang veteran Mesir Essam El Hadary menjadi pemain tertua di PIala Dunia 2018. Pemain berusia 45 tahun memang belum mendapatkan kepercayaan untuk diturunkan sejak awal. Pelatih  Mesir Hector Cuper lebih memilih Mohamed El-Shenawy.

Pemain yang melakoni debut internasionalnya pada tahun 1996 tersebut mengakui bahwa menjadi kiper itu memang tak mudah.

“Sepak bola mungkin lebih diterima oleh seluruh pemain, selain posisi penjaga gawang. Kadang kalau ada masalah (seperti kekalahan), kiper akan selalu yang menjadi korban,” terangnya yang dilansir dari Soccerway.

Dirinya juga menilai perkembangan bola untuk Piala Dunia membuat banyak nilai plus dan minus.

“Mungkin bola-bola itu tidak selalu semuanya berkualitas baik, atau bisa untuk diterima oleh para penjaga gawang. Tetapi kami sebagai penjaga gawang, harus siap (dengan segala kondisinya),” terangnya.

Rapor Mesir di Piala Dunia ternyata bisa dibilang kurang memukau. Dari dua laga awal tim ini merasakan dua kalu kekalahan. Yakni kalah 0-1 dari Uruguay (15/6/2018), dan kalah 1-3 dari tuan rumah Rusia (20/6/2018).

Atas hasil ini Mesir jadi tim pertama yang angkat koper dari Piala Dunia. Walaupun masih memiliki satu laga tersisa melawan Arab Saudi, tetap saja hasil akhir nanti tidak bisa menolong mereka untuk bisa melaju ke babak selanjutnya.