Ronaldo Pernah Bertanding dengan Salah Satu Klub di Indonesia

Ronaldo memberikan piala Pemain Terbaik Perancis musim ini kepada Neymar. Foto: Official Twitter PSG

Generasi sekarang pasti banyak yang belum tahu, bahwa legenda sepakbola dunia, Ronaldo Luis Nazario de Lima pernah menginjakkan kaki di Indonesia. Pemain tahun 1990an dan 2000an tersebut pernah bermain melawan klub lokal di Indonesia.

Il Phenomenon asal Brasil ini datang ke Indonesia tahun 1995. saat itu perkembangan sepakbola di manado memang tengah bergelora, seiring kehadiran tokoh bola nasional Mayjen TNI E.E Mangindaan sebagai Gubernur Sulut yang mau untuk mengembangkan sepakbola di kota ini.

E.E mangindaan adalah anak dari E.A Mangindaan yang termasuk salah satu pendiri PSSI.

Di tahun 1995 ini, PSV Eindhoven dari Belanda datang bertanding ke Manado melawan Persma.

Salah satu yang jadi sorotan tentu saja hadirnya Ronaldo Luis Nazario de Lima. Saat ini ronaldo masih berusia 18 tahun, namun namanya sudah jadi buah bibir karena skill individunya yang ciamik.

Beberaoa pihar Timnas Belanda juga ikut hadir. Seperti Boudewijn Zenden, Phillip Cocu, Wim Jonk, Stan Valks, serta duo kiper Ronald Waterreus dan Stanley Menzo.

Baca Juga  Termasuk Cristian Gonzales, PSIM Jogja Siapkan 20 Pemain untuk Hadapi Persatu Tuban

Ronaldo ternyata sempat bermain selama 20 menit, dan di waktu singkat tersebut sepanjang laga banyak penonton yang enggan sekalipun mengedipkan mata jika melihat Ronaldo memegang bola.

Tak lama dari laga ini ternyata Ronaldo sudah tak lagi bermain untuk PSV. Dia memutuskan terbang ke Spanyol untuk bergabung dengan Barcelona.