Ronaldo Pesepakbola Terproduktif Eropa Sepanjang Masa

Ronaldo melakukan selebrasi gol Portugal. Foto: Twitter Fifa

Cristiano Ronaldo kembali mecatatkan milestone. Berkat tambahan satu golnya, pemain Portugal ini menambah gelontoran golnya menjadi 85. Ia tercatat sebagai pemain paling produktif sepanjang masa.

Bintang Real Madrid ini lagi-lagi menjadi penentu kemenangan dalam laga Portugal melawan Maroko 1-0, Rabu (20/6/2018). Sebiji gol yang dicetak pada menit 4 itu sukses melampaui catatan gol Farenc Puskas bersama Timnas Rumania. Ronaldo pun tercatat sebagai pemain Eropa paling produktif sepanjang masa di sepakbola internasional.

Kini Ronaldo memburu satu catatan milik Ali Daei yang menjadi pemain paling produktif sepanjang masa. Pesepakbola asal Iran merupakan top skor dengan catatan 109 gol. Berikut lima pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam sepakbola internasional.

Ali Daei (Iran) – 109

Daei produktif sepanjang karir internasionalnya, mencetak 109 kali dalam 149 pertandingan untuk Iran. Mantan pemain internasional Bayern Munich dan Hertha Berlin itu selama 13 tahun ambil bagian dalam skuat Iran, yakni dari 1993 hingga 2006. Ia menyatakan pensiun dari karier internasionalnya pada usia 36 tahun.

Cristiano Ronaldo (Portugal)-85

Setelah membawa Portugal dalam hasil imbang 3-3 yang menegangkan dengan Spanyol pekan lalu, gol  Ronaldo melawan Maroko menambah catatan golnya menjadi 85 gol dalam 152 pertandingan untuk negaranya. Pemenang Ballon d’Or lima kali secara teratur diandalkan oleh Portugal. Ronaldo terakhir kali sukses membawa Portugal menang Piala Eropa 2016.

Ferenc Puskas (Hungaria) – 84

Salah satu pemain hebat sepanjang masa, Puskas mencetak 84 gol dalam 85 pertandingan untuk Hungaria sebelum kemudian membuat empat penampilan tanpa gol untuk Spanyol. Legenda Real Madrid, Puskas membantu Hungaria finish sebagai runner-up di Piala Dunia 1954.

Kunishige Kamamoto (Jepang)-80

Kamamoto mencetak 80 gol untuk Jepang dalam dalam 84 pertandingan yang dilakoninya. Ia merupakan top skor di Olimpiade 1968 dengan tujuh gol, termasuk dua gol dalam kemenangan melawan Meksiko untuk perebutan medali perunggu.

Godfrey Chitalu (Zambia)-79

Chitalu dianggap sebagai pemain Zambia terbesar  setelah mencetak 79 gol dalam 108 pertandingan untuk negaranya. Chitalu mencetak gol yang luar biasa 107 kali selama musim 1972. Dia melanjutkan untuk melatih Zambia, tetapi secara tragis meninggal pada usia 45 tahun setelah pesawat tim tersebut jatuh dalam perjalanan menuju kualifikasi Piala Dunia pada tahun 1993.