Selebrasi Berlebihan, Duo Pemain Swiss Menanti Sanksi FIFA

Granit Xhaka melakukan selebrasi. Foto: Official Twitter Swiss

Bintang Swiss Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka menghadapi tindakan disipliner dari FIFA. Menyusul s perayaan gol provokatif mereka melawan Serbia, Jumat (22/6/2018) di Piala Dunia.

Dua pemain ini menjadi pahlawan kemenangan 2-1 atas Serbia dalam lanjutan pertandingan grup E. Kemenangan ini membawa mereka berada di jalur kelolosan ke babak knock out. Swiss saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara grup F. Poin mereka sama dengan Brazil. Mereka hanya kalah selisih gol.

Shaqiri dan Xhaka meletakkan tangan mereka bersama-sama untuk membentuk elang berkepala dua, mirip dengan yang ada di bendera Albania. Tindakan ini dikhawatirkan menambah ketegangan di negara Balkan.

Seperti diketahui, Albania dan Serbia pernah terlibat perang. Shaqiri sendiri kelahiran Kosovo, eks bagian dari Serbia. Kosovo ini kemudian memerdekan diri pada tahun 2008.  Serbia sendiri menolak mengakui kemerdekaan Kosovo.

“Komite Disiplin FIFA telah membuka proses disipliner terhadap pemain Swiss Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri untuk perayaan gol mereka selama pertandingan melawan Serbia,” tulis pernyataan dari FIFA.