Serba Pertama di Piala Dunia 2018

Pemain Rusia, Denis Cheryshev saat merayakan gol ke gawang Arab Saudi dalam pembuka Piala Dunia Rusia di Luzhniki, Kamis (14/6/2018) malam WIB. Foto : Facebook FIFA World Cup

Rusia sukses membuat para pendukungnya bergemuruh. Dalam laga perdana Piala Dunia 2018 di Luzhniki, Moskwa. kemenangan 5-0 atas Areb Saudi jelas disambut suka cita kubu Rusia.

dalam laga ini sendiri lima gol Rusia dicetak oleh Yury Gazinsku (12), Deni Chryshev (43, 90+1), Artem Dzuba (71), dan Aleksandr Golovin (90+4)

Kemenangan Rusia ini berarti memperpanjang status negara tuan rumah tidak pernah kalah di laga pembuka dalam 21 edisi Piala Dunia (menang 16, imbang 6, kalah 0).

Sementara itu kemenangan Rusia 5-0 ini juga merupakan rekor terbesar kedua yang dicetak oleh tuan rumah dalam laga pembuka turnamen Piala Dunia, setelah Italia melakukannya saat melawan Amerika Serikat pad atahun 1934, yang kala itu berakhir 7-1.

Dalam laga pembuka Piala Dunia ini ternyata banyak momen-momen menarik, khususnya yang berbuau ‘pertama’. seerti ini catatannya:

  • Stadion di Stadion Luzhniki, Moskwa, jadi stadion pertama di Rusia yang jadi laga pembuka Piala Dunia 2018.
  • Yury Gazinsku asal Rusia jadi pencetak gol pertama di Piala dunia 2018. Dirinya mencetak gol ke gawang Arab Saudi melalui kepalanya di menit ke-12
  • Aleksandr Golovin asal timnas Rusia jadi pemain pertama di Piala Dunia 2018 yang mendapatkan kartu kuning. Dirinya mendapatkannya setelah melanggar salah satu pemain Arab Saudi di menit ke-88.
  • Denis Cheryshev jadi pemain pertama di Piala dunia yang diturunkan sebagai pemain pengganti. Dirinya main sejak menit ke-24 setelag menggantikan Alan Dzagoev yang mengalami cedera di bagain paha.
  • Abdullah Al-Maiouf jadi kiper pertama di Piala Dunia yang kebobolan, bahkan saat melawan rusia, ternyata gawangnya kebobolan lima kali.